Pengukuran Maturity Level Layanan Kepariwisataan Disparporahub Kabupaten Bondowoso Dengan COBIT 4.1 dan Structural Equation Model

Kunti Triantini, Yeni Dwi Rahayu

Abstract


Layanan kepariwisataan Disparporahub Kabupaten Bondowoso menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi calon wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata dan media promosi objek wisata. Pengukuran Maturity Level bertujuan untuk melihat tingkat kepuasan para wisatawan yang menjadi tujuan akhir dalam pengukuran layanan kepariwisataan. Pengukuran Maturity Level ini dilakukan menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 dengan perspektif kinerja Pelanggan, yaitu Tujuan Bisnis (BG-4), Tujuan Teknologi Informasi (ITG-3), dan Proses Teknologi Informasi (ITP) PO-8, AI-4, DS-1, DS-2, DS-7, DS-8, DS-10, DS-13. Sedangkan Structural Equation Model (SEM) digunakan untuk menghitung seberapa besar pengaruh variabel-variabel laten berdasarkan control process COBIT dengan memberikan nilai kuantitatif menggunakan metode PLS (Partial Least Square). Hasil akhir penelitian berupa rekomendasi berdasarkan Proses Teknologi Informasi yang didapat dari nilai hasil kesenjangan (gap) COBIT Maturity Level dengan nilai hasil pengaruh dari SEM. Dengan adanya rekomendasi ini diharapkan layanan kepariwisataan Disparporahub Kabupaten Bondowoso dapat ditingkatkan untuk mencapai tingkat kepuasan wisatawan secara optimal.


Kata Kunci : Kepariwisataan, Maturity Level, COBIT, PLS, Rekomendasi


Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. (2008), Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square, edisi kedua, UNDIP Semarang.

Sarno, Riyanarto. (2009), Audit Sistem dan Teknologi Informasi, ITS Press Surabaya.

Sarno, Riyanarto. (2009). Strategi Sukses Bisnis Dengan Teknologi Informasi Berbasis Balanced Scorecard & COBIT, ITS Press Surabaya.

Santoso, Singgih & Tjiptono, Fandy. (2001). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Elex Media Komputindo Jakarta.

The IT Governance Institute (2007) COBIT 4.1, ISACA.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v3i2.2257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kunti Triantini, Yeni Dwi Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats