Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Di Universitas Muhammadiyah Jember Dengan Metode Profile Matching

Miftah Chatibul Umam, Deni Arifianto, Triawan Adi Cahyanto

Abstract


Instansi atau perusahaan merupakan tempat dimana karyawan bekerja dan mendapatkan penghargaan atas kinerja yang dicapai. Universitas Muhammadiyah (UM) Jember merupakan lembaga pendidikan yang setiap tahunnya memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi, biasanya akan diumumkan pada acara milad. Penelitian ini bertujuan untuk memilih karyawan berprestasi tingkat universitas di UM Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Profile Matching (PM). Metode PM digunakan untuk membandingkan selisih nilai antara profil posisi yang disebut dengan gap. Metode PM ini memiliki beberapa tahapan dan perumusan dalam perhitungan meliputi pemetaan gap, pembobotan, perhitungan dan pengelompokan core dan secondary factor, perhitungan nilai total, dan perhitungan penentuan ranking. Jumlah kandidat karyawan berprestasi yang terseleksi sebanyak 10 orang dari keseluruhan jumlah karyawan UM Jember. Berdasarkan perhitungan sistem, karyawan berprestasi yang terpilih adalah Budiharto, S.H dengan nilai ranking adalah 4,79.


Kata Kunci : Profile Matching, Karyawan Berprestasi


Full Text:

PDF

References


T. A. Cahyanto, “Penerapan Teknologi Web Service Pada Sistem Informasi Data Rekam Medis Rumah Sakit XYZ,” Query J. Sist. Inf., vol. 5341, no. April, pp. 25–32, 2018.

T. A. Cahyanto, “Analisis deteksi penyusupan pada jaringan komputer menggunakan snort (studi kasus pada Dinas Pariwisata Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta),” Yogyakarta, 2011.

R. I. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Profile Matching Pada Pt. Sarana Inti Persada (Sip),” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 28–34, 2017.

A. S. Darmawan, “Pemilihan Beasiswa Bagi Mahasiswa Stmik Widya Pratama Dengan Metode Profile Matching,” no. 1, pp. 1–5, 2012.

A. O. P. Sahureka, “Decision Support Systems in the Placement of Electronic Officers of Indonesian Navy with Profile Matching Method,” Int. J. Eng. Res. Technol., vol. 6, no. 01, pp. 458–465, 2017.

E. Turban, J. E. Aronson, and T.-P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems. Pearson/Prentice Hall, 2005.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v3i2.2255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Miftah Chatibul Umam, Deni Arifianto, Triawan Adi Cahyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats