PROFIL BERPIKIR PEMECAHAN MASALAII KREATIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

Yuli Mulyanah, Agung Lukito, Siti Khabibah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Berpikir kreatif siswa SMA yang berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah berdasarkan Osborn-Parnes, 2) Berpikir kreatif siswa SMA yang berkemampuan matematika sedang dalam pemecahan masalah berdasarkan Osborn-Parnes, dan 3) Bepikir kreatif siswa SMA yang berkemampuan matematika rendah dalam pemecahan masalah berdasarkan Osborn-Parnes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, soal pemecahan masalah matematika non rutin dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1) Siswa berkemampuan tinggi, (a) menemukan sasaran/tujuan adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan kebaruan (b) menemukan fakta adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan kebaruan. (c) menemukan masalah adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan kebaruan. (d) menemukan ide/gagasan adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan kebaruan. (e) menemukan solusi adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan kebaruan.

(f) menemukan penerimaan adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan tidak kebaruan. 2) Siswa berkemampuan sedang, (a) menemukan sasaran/tujuan adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan kebaruan (b) menemukan fakta adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan kebaruan. (c) menemukan masalah adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan kebaruan. (d) menemukan ide/gagasan adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan kebaruan. (e) menemukan solusi adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan kebaruan. (f) menemukan penerimaan adalah subjek memiliki sifat fasih, fleksibel dan tidak kebaruan. 3) Siswa berkemampuan rendah, (a) menemukan sasaran/tujuan adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan tidak kebaruan (b) menemukan fakta adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan tidak kebaruan. (c) menemukan masalah adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan tidak kebaruan. (d) menemukan ide/gagasan adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan tidak kebaruan. (e) menemukan solusi adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan tidak kebaruan. (f) menemukan penerimaan adalah subjek memiliki sifat fasih, tidak fleksibel dan tidak kebaruan.

Kata Kunci : Profil, Berpikir, Pemecahan Masalah Kreatif, Osborn-Parnes, Kemampuan

Matematika




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i1.1099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo