Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Gammath berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang matematika atau pendidikan matematika.

Artikel diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts dengan spasi single pada  kertas ukuran A4. Panjang artikel minimal 10 halaman dan maksimal 20 halaman. File dibuat dalam bentuk Microsoft Word, kemudian file dikirim ke alamat email: jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id.

Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Penulis harus menyertakan nama dan alamat institusi atau alamat rumah, dan alamat korespondensi penulis (e-mail). Jika penulis terdiri dari 4 orang atau lebih, maka nama penulis yang dicantumkan di bawah judul artikel adalah penulis utama sedangkan penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki di halaman pertama artikel. Dalam hal artikel yang ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis yang namanya ada pada urutan pertama.

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan format esai. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital yang berukuran 16 pts. Format lengkap batang tubuh artikel dapat ditemukan pada template jurnal.

Sistematika artikel hasil pemikiran adalah:

  • judul
  • nama penulis (tanpa gelar akademik), nama dan alamat institusi atau alamat rumah, dan alamat email
  • abstrak (maksimum 200 kata)
  • kata kunci (antara 3 dan 5 kata)
  • pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan
  • bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian)
  • kesimpulan
  • daftar rujukan
  • Artikel max 19% Plagiasi dan 8-9 Halaman

Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka yang terbit 10 tahun terakhir. Rujukan diutamakan sumber primer yang berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal ilmiah atau laporan penelitian (skripsi, tesis, disertasi).

Perujukan dilakukan dengan menggunakan angka di dalam kurung siku, misalnya Gravemeijer [1] atau Beswick [2], bukan Gravemeijer (1994) atau Beswick (2005).

Semua naskah ditelaah secara anonim oleh reviewers (penyunting atau mitra bestari) menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi dari reviewers.

Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software computer untuk pembuatan naskah yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.

Penulis yang artikelnya dimuat wajib membayar kontribusi biaya. Selanjutnya, penulis akan menerima nomor bukti pemuatan sebanyak 2 eksemplar dan cetak lepas sebanyak 2 eksemplar.