PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DISKRIT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DI STKIP PGRI JOMBANG
Abstract
Hasil observasi terhadap proses pembelajaran Matematika Diskrit di STKIP PGRI Jombang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, mahasiswa terbiasa mengandalkan penjelasan dari dosen. Mereka hanya mencatat apa yang telah dicatat dosen di papan tulis atau yang disuruh oleh dosen. Jika ada soal atau pertanyaan, mereka cenderung menunggu jawaban dari dosen kemudian mencatatnya. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil Perangkat Pembelajaran Matematika Diskrit dengan menggunakan model Reciprocal Teaching di STKIP PGRI Jombang
penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian pengembangan, karena pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran mata kuliah matematika diskrit dengan model Reciprocal Teaching. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP PGRI Jombang program studi pendidikan matematika Kelas 2011 D. Berdasarkan hasil penelitian mahasiswa mampu dalam membacaca (Reading) untuk menentukan ide pokok, membuat pertanyaan (Questioning), klarifikasi pertanyaan (Clarifying issue), merangkum (summarizing) dan memprediksi (Predicting) soal atau pertanyaan yang akan muncul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil validasi satuan acara perkuliahanan (SAP) termasuk kategori baik, Hasil validasi Modul termasuk kategori baik, Hasil validasi tes (Quis) termasuk kategori baik, kegiatan dosen dengan kategori sangat baik yang berarti pembelajaran dikatakan efektif, observasi kegiatan mahasiswa dengan kategori efektif, analisis butir soal dengan skor tinggi sehingga termasuk kategori reliabel, dan analisis respons mahasiswa menunjukkan respon baik, maka dapat diketehui bahwa peragkat pembelajaran matematika diskrit dapat dikategorikan perangkat yang baik.
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, SAP, Modul, aktivitas mahasiswa, respon mahasiswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i1.1097
Refbacks
- There are currently no refbacks.