Strategi Pemasaran Pupuk Urea Komersil PT. XYZ Wilayah Kalimantan Barat

Agung Setiawan, Eva Dolorosa, Wanti Fitrianti

Abstract


Pupuk urea merupakan salah satu faktor produksi pertanian sehingga mempunyai peran yang strategis dalam mendukung ketahanan pangan nasional.PT. XYZsebagai pelopor industri pupuk urea di Indonesiajuga melakukan aktivitas pemasaran, dan pemberian jasa serta usaha lain yang terkait industri pupuk. Penjualan pupuk urea komersil PT. XYZ Kalimantan Barat mengalami fluktuasi yang disebabkan oleh banyaknya produk pesaing yang berumunculan, kekurangan tenaga kerja dibidang lapangan (penyuluh), tersebarnya isu tentang bahaya pemakaian pupuk kimia dan penjualan produk urea komersil yang hanya terfokus pada kemasan 50 kg. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, kemudian dilakukan wawancara secara mendalam sebagaimetode pengambilan data yang berkaitan dengan indikatorbauran pemasaran. Tujuan penelitian ini menyusun alternatif strategi pemasaran melalui pendekatan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan posisi PT. XYZ Kalimantan Barat terletak pada titik (1.069;-0.270) atau pada kuadran 2 yaitu strategi diversifikasi. Posisi ini merupakan situasi dimana perusahaan menggunakan kekuatan yang ada untuk mengurangi dampak dari ancaman. Strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan adalah Melakukan inovasi produk tanpa mengurangi mutu dan kandungan formula yang sesuai ketentuan SNI, Meningkatkan kualitas kemasan agar menjadi lebih eksklusif, Mengefisienkan biaya distribusi dengan menggunakan model transportasi.

Keywords


Strategi; Pemasaran; Pupuk Urea; Komersil; SWOT

References


APPI. (2020). Fertilizer Consumption on Domestic Market and Export Market, Year 2014 - 2020. Retrieved from http://www.appi.or.id/?statistic

Aprianti, E., Suharjo, B., & Muflikhati, I. (2015). Positioning Pupuk Hayati (Studi Kasus PT. Karya Anugrah Rumpin). Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(2), 106–114. https://doi.org/10.17358/jma.12.2.106

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal Sosio E-Kons, 10(1), 20–27. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Ashari, U., Abidin, Z., & Tangahu, M. R. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Emping Jagung IKM Al-Fazal Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 4(4), 794–807. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.09

Aulia, F., Susanti, H., & Fikri, E. N. (2016). Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Dan Mikoriza Terhadap Intensitas Serangan Penyakit Layu Bakteri (Ralstonia Solanacearum), Pertumbuhan, Dan Hasil Tanaman Tomat. Jurnal Ziraa’ah, 41(2), 250–260. https://doi.org/10.31602/zmip.v41i2.428

Azizah, N. L., & Suryawinata, M. (2018). Aplikasi Metode Transportasi Dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Sejahtera Pada Perum Bulog Sub-Divre Sidoarjo. Jurnal Ilmiah : SOULMATH, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.25139/sm.v6i1.781

Balitbangtan. (2019). Pupuk Urea dan Manfaatnya Bagi Tanaman. Retrieved June 6, 2020, from Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian website: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/88768/Pupuk-Urea-dan-Manfaatnya-Bagi-Tanaman/

Dahmiri, D. (2020). Strategi Promosi Sebagai Upaya Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i1.9838

Fahmi, I. (2015). Manajemen Strategis : Teori dan Aplikasi (Edisi 3). Bandung: Alfabeta.

Galavan, R. (2011). Doing Business Strategy. Dublin: Oak Tree Press.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terahadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.32524/jkb.v16i1.364

Istiqomah, & Serdani, A. D. (2018). Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L. Var. Tosakan) Pada Pemupukan Organik, Anorganik dan Kombinasinya. Agroradix: Jurnal Ilmu Pertanian, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.52166/agroteknologi.v1i2.919

Izazi, H. F. (2020). Penentuan Prioritas Pada Bauran Pemasaran 4P Pupuk Urea. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Jumarodin, J., Sutanto, A., & Adhilla, F. (2019). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di UMY. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 102–119. https://doi.org/10.18196/mb.10171

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (17th Ed). Harlow: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management (15th Ed). Harlow: Pearson Education.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2020). Principles of Marketing (13th Ed). Boston: Cengage Learning.

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374

Lestari, R., Romadhon, T., & Fauzi, M. (2021). Implementasi Model Transportasi Distribusi Produk Vaksin Hepatitis B Menggunakan Metode Least Cost Dan Modified Distribution. Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(2), 180–193. https://doi.org/10.46306/lb.v2i2.69

Lubis, Z., Mauladi, K. F., & Irawan, M. R. N. (2020). Penentuan Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Dan Menghadapi Persaingan (Studi Kasus Pada Gemilang Art Glass Di Modo). Jurnal Manajemen Bisnis, 19(1), 59–70. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i1.197

Mubarok, D. A. A. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Pupuk Majemuk Di PT. PAMM Bandung. Jurnal Indonesia Membangun, 4(448), 116–133. Retrieved from https://jurnal.inaba.ac.id/index.php/JIM/article/download/40/35

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.313

Nizma, C., & Siregar, D. A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Di Kalangan Petani Padi Pada Kelompok Tani Di Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara. Proceedings Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice, 53(9), 1689–1699. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_495585369230.pdf

Oktaviana, W. N., & Setiafindari, W. (2019). Penentuan Rute Distribusi Kerupuk Menggunakan Metode Saving Matrix Dan Nearest Neighbor. Jurnal INTECH Teknik Industri, 5(2), 81–86. https://doi.org/10.30656/intech.v5i2.1481

Peter, J. P., & DonnellyJr, J. H. (2015). A Preface To Marketing Management (14th Ed). New York: McGraw-Hill.

Rahardjo, M., & Pribadi, E. R. (2020). Pengaruh Pupuk Urea, SP36, Dan KCl Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb). Jurnal Penelitian Tanaman Industri, 16(3), 98–105. https://doi.org/10.21082/jlittri.v16n3.2010.98-105

Rangkuti, F. (2019). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI (Edisi 20). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

RKAP. (2019). Rencana Kerja Anggaran Perusahaan PT.XYZ Wilayah Kalimantan Barat. Pontianak.

Sayfulloh, M. A., & Fanani, D. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pupuk Cair Di Indonesia (Studi pada PT. Cheil Jedang Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 76(1), 31–39. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2959

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Sukmayanti, L., Susrusa, K., & Parining, N. (2015). Strategi Pemasaran Pupuk Organik PT. Biotek Indonesia Hijau Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. E-Journal Agribisnis Dan Agrowisata, 4(2), 75–85. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/JAA/article/view/17390

Suryandari, N. N. A., Tamba, I. M., & Putra, I. G. P. T. (2020). Peningkatan Strategi Pemasaran Dalam Penjualan Pupuk Organik Di Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Penyaringan. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Unmas Denpasar Di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020, 77–80. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/ProsidingCovid-19/article/view/1952

Tarigan, V. (2019). Pengaruh Desain Kemasan Produk Makanan Ringan “Mini Oreo Terhadap Impulsive Buying” (Study Kasus Pada Konsumen Suzuya Pematangsiantar). Tapanuli Jounals, 1(2), 462–470. Retrieved from http://journal.ojs-unita.com/index.php/unita/article/view/64

Wahyudi, R., & Purnomo. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM Pada PT. Sentral Perkasa Jaya. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE), 7(1), 19–29. https://doi.org/10.35891/jkie.v7i1.2094

Wijaya, M. R. (2019). Analisa Peningkatan Daya Saing Produk Pupuk Organik Bentomyte Pada UD Betjik Mulyo Di Kabupaten Kudus. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 93–110. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2832

Zen, Z. H., Satriardi, Dermawan, D., Anggraini, D. A., Meirizha, S. N., & Yul, F. A. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM Di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 12–15. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.225




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v6i2.6958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                  

 

View My Stats