Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik Di Kota Bengkulu

Ridha Rizki Novanda

Abstract


Sayuran organik merupakan salah satu pilihan masyarakat untuk mencapai hidup yang sehat. Sehingga tingkat konsumsi sayuran organik meningkat. Peningkatan permintaan sayuran organik di Provisi Bengkulu juga meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan berdirinya beberapa farm yang menonjolkan sistem hidroponik untuk menghasilkan sayuran organik. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan pada masyarakat kota Bengkulu dengan responden sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan metode partial least square (PLS). Hasil menunjukkan bahwa faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian sayuran organik ialah Atribut mutu, Harapan/dukungan, Kemudahan/kesulitan. Atribut mutu berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian sayuran organik dengan nilai P Value 0,000. Harapan/dukungan orang terdekat berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian sayuran organik dengan nilai P Value sebesar 0,002. Dan Kemudahan/kesulitan akses berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian dengan nilai P Value sebesar 0,000.


Keywords


Faktor; Organik; Sayuran

References


Anggiasari, et al. (2016). SIKAP DAN PENGAMBILAN KEPUTUSANPEMBELIAN SAYURAN ORGANIK OLEH KONSUMEN DI KOTA BANDAR LAMPUNG. JIIA, 4(4), 391–397.

Anom Yuarini, D., Satriawan, I., & Oka Suardi, I. (2015). Strategi Peningkatan Kualitas Produk Sayuran Segar Organik pada CV. Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 3(2), 26297.

Debora, R., Sulistyowati, L., & Musfar, T. (2014). Pengaruh Keluarga Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kosmetika Khusus Pria Merek Garnier Men (Studi Kasus Di Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1(2), 1–11.

Devi, S. R. M., & Hartono, G. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik. Agric, 27(1), 60. https://doi.org/10.24246/agric.2015.v27.i1.p60-67

Hermina, H., & S, P. (2016). Gambaran Konsumsi Sayur dan Buah Penduduk Indonesia dalam Konteks Gizi Seimbang: Analisis Lanjut Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) 2014. Buletin Penelitian Kesehatan, 44(3), 4–10. https://doi.org/10.22435/bpk.v44i3.5505.205-218

Khorniawati, M. (2014). Produk Pertanian Organik Di Indonesia: Tinjauan Atas Preferensi Konsumen Indonesia Terhadap Produk Pertanian Organik Lokal. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(2), 171–182. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kotler, P. (2012). Kotler On Marketing. In Kotler On Marketing.

Parlyna, R., & Munawaroh. (2011). KONSUMSI PANGAN ORGANIK: MENINGKATKAN KESEHATAN KONSUMEN? Ryna Parlyna * Munawaroh *. EconoSains, IX(2), 157–165.

Putra, Y. A. (2017). Analysis of Affecting Factors Which Influence the Purchase of Organic Vegetables in Medan City. Journal of Agribusiness Science, 01(01), 42–48.

Rizkiansah, T., Kurniati, D., & Imelda. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pribadi dan Psikologi pada Proses Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Kota Pontianak (Studi Kasus Merek Sayok Kite). Jurnal Agribisnis, 1–13.

Silitonga, J., & Salman, S. (2014). Analisis Permintaan Konsumen Terhadap Sayuran Organik Di Pasar Modern Kota Pekanbaru. Dinamika Pertanian, 29(1), 79–86. Retrieved from http://journal.uir.ac.id/index.php/dinamikapertanian/article/view/862

Towoliu, J. E. ., & Tumbuan, W. J. F. . (2017). Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian di rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 308–322.

Waskito, D., Ananto, M., & Reza, A. (2014). Persepsi Konsumen Terhadap Makanan Organik Di Yogyakarta. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 9(01), 36–48.

Widyastuti, P. (2018). Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 17. https://doi.org/10.25139/ekt.v2i1.675




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v4i2.3549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                

 

View My Stats