ANALISIS EFISIENSI TEKNIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI SEMANGKA DI DESA MAYANGAN KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER

Luluk Rofiqoh, Titin Agustina, Rudi Hartadi

Abstract


Desa Mayangan sudah lama membudidayakan semangka akan tetapi masih terjadi kendala diantaranya tingkat produktivitas yang masih rendah, kapasitas produksi yang menurun, kondisi iklim dan cuaca yang tidak menentu.  Tingkat produktivitas yang rendah dapat berhubungan dengan penggunaan faktor produksi serta tingkat efisien petani dalam menggunakan input yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat produksi, (2) efisiensi teknis usahatani semangka, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi inefisiensi teknis usahatani semangka di Desa Mayangan Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Metode dalam penelitian menggunakan data deskriptif dan analitis dengan pengambilan contoh dilakukan dengan cara Proportionate stratified random sampling, sehingga terpilih 50 sampel petani semangka berdasarkan tingkatan luas lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi semangka di Desa Mayangan adalah luas lahan (X1), tenaga kerja (X2), pupuk organik (X3), pupuk kimia (X4), dan bibit (X5), sedangkan pestisida cair (X6) dan pestisida padat (X7) tidak berpengaruh nyata. (2) Tingkat efisiensi teknis petani semangka secara keseluruhan dalam penggunaan faktor produksi semangka di Desa Mayangan dengan rata-rata sebesar 0,68. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi inefisiensi teknis secara parsial dalam usahatani semangka di Desa Mayangan adalah pengalaman petani (tahun) dan dummy keikutsertaan kelompok tani.

Keywords


Efisiensi teknis, produksi, semangka, stochastic frontier.

Full Text:

PDF

References


Amarasuriya MT, Edirisinghe J, Patalee MA. 2007. Tehnical Efficiency in Introcropped Pineapple Production in Kurunegala District. Paper. Departement of Agribusiness Management. Wayamba University of Sri Lanka.

Apriani, Leni Nurul 2011. Analisis Efisiensi Teknis dan Pendapatan Usahatani Bawang Merah (Studi Kasus: desa Sukasari KAler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat). Skripsi. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor: Institut Pertanian Bogor

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badan Statistik Konsumsi Pangan. 2015. Statistika Konsumsi Pangan Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Coelli TJ, DSP Rao, GE Battese. 1998. An Introduction to Efficiency and Productivity Analysis. Kluwer Academic Publishers, London.

Kalie, Moeh Baga. 2002. Bertanam Semangka. Jakarta: Penebar Swadaya.

Laksmayani, Made Krisma., Alimudin Laapo, dan Sulaeman. 2013. Analisis Efisiensi Penggunaa Input Produksi Usahatani Semangka di Desa Maranatha Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Agrotekbis. Vol 1 (2): 185-191.

Lubis, Riatania Rizal Basjrah. 2014. Analisis Efisiensi Teknis, Alokatif Dan Ekonomi Produksi Nanas Di Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Tesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor: Institut Pertanian Bogor

Nazir, Mohammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ni’am, Aula. 2014. Analasis Fungsi dan Skala Produksi Usahatani Buah Semangka Non-biji di Lahan Pasir Desa Mojosari Kecamatan Puger. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Prajnanta, Final. 2001. Agribisnis Semangka Non-Biji. Depok. Penebar Swadaya.

Putri, Galih Citra Loana. 2010. Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Semangka (Citrullus vulgaris) di Kabupaten Purworejo. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sari, Diki More. 2013. Analisis Efisiensi Teknis dan Pendapatan Usahatani Baby Buncis pada Petani Mitra International Cooperation And Development Fund (ICDF) Bogor. Skripsi. Bogor: Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Shinta, Agustina. 2011. Ilmu Usahatani. Malang: UB Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Jakarta Timur: Penebar Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/agribest.v2i1.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Agribest

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING SERVICES

    

                  

 

View My Stats