Hubungan Verbal Abuse dengan Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah

Naning Anggraini Putri, Susi Wahyuning Asih, Yeni Suryaningsih

Abstract


Latar Belakang dan Tujuan: Verbal abuse salah satu bentuk tindakan kekerasan berupa ucapan dimana dapat menimbulkan kondisi emosional yang merugikan dan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Kejadian verbal abuse yang dilakukan terus menerus dapat menggangu proses perkembangan otak yang sedang berkembang. Penelitian ini bermaksud untuk melihat adanya hubungan verbal abuse dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah di SDN Kemuning Sari Kidul 02 Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Metode: Desain penelitian memakai desain korelasional melalui suatu model cross sectional. Populasi yang digunakan oleh peneliti sebanyak 101 anak dengan sample penelitian 81 anak menggunakan teknik propotional stratified random sampling. Analisis bivariat mengunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil: Hasil penelitian yang diperoleh p value 0,0005<α 0,05 dengan korelasi 0,434 yang berarti penelitian memiliki hubungan sedang antara verbal abuse dengan motivasi belajar anak. Simpulan dan Implikasi: Peran perawat dapat menjadi konselor dan edukator terkait pemahaman terhadap bentuk verbal abuse hingga pencegahan kejadian verbal abuse sehingga diharapkan seorang anak mencapai tahapan perkembangan yang sesuai dengan usianya.

Keywords


Verbal Abuse, Motivasi Belajar, Anak Usia Sekolah

Full Text:

PDF

References


Adilah, R. (2020). Kemenkes Sebut 62 Persen Anak Alami Kekerasan Verbal Selama Pandemi.https://m.merdeka.com/peristiwa/kemenkes-sebut-62-persesn-anak-alami-kekerasan-verbal-selama-pandemi.htmil. [23 September 2020].

Armiyanti, I., Aini, K., & Apriana, R. (2017). Pengalaman Verbal Abuse Oleh Keluarga Pada Anak Usia Sekolah Di Kota Semarang. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 12. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.1.714.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. No. 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548.

Faizatun, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Semarang. Skripsi.

Fry, D., & Blight, S. (2016). How prevention of violence in childhood builds healthier economies and smarter children in the Asia and Pacific region. BMJ Global Health, 1, I3–I11. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2016-000188.

Hero, H., & Sni, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207-213. P-ISSN: 2615-1723. E-ISSN: 2615-1766.

Heryana, A. (2020). Buku Ajar Metodologi Penelitian pada Kesehatan Masyarakat. In Bahan Ajar Keperawatan Gigi (Edisi ke-2, Issue June). Universitas Esa Unggul.

Indrayati, N., & Livana. (2019). Gambaran Verbal Abuse Orangtua pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(1), 9–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32584/jika.2.1.2019. 9-18.

Keller, J., & Thomas w, K. (1987). An application or the ARCS model of motivational design (R. Charles M (ed.)). Hilsdale, NJ: Lawrance Erlbaum Associate, Publishers.

Liebschutz,J.M., dkk. . (2019). Prospective Violence Assessment in a Longitudinal Cohort. Vol. 30. No. 6. https://doi.org/10.1037/pas0000549.Childhood.

Lutfiyati, A., & Kristiana, E. F. (2019). Prestasi Belajar Siswa Yang Mengalami Verbal Abuse Oleh Orangtua. Jurnal Kesehatan Madani Medika. Vol. 10. No.1.

Mamesah, A., dkk. (2018). Hubungan Verbal Abuse Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Sekolah Di SD Inpres Tempok Kecamatan Tompaso. E-Journal Keperawatan (e-Kp). Vol. 6. No. 1–6.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

PH, L., & Anggraeni, R. (2018). Pendidikan Kesehatan Tentang Perekembangan Psikososial Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Fisik dan Verbal Pada Anak Usia Sekolah di Kota Kendal. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 5(2), 97–104. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i2.ART.p097.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2010). Fundamental of Nursing (7th ed.). Salemba Medika.

Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Surya, B. R. (2020). Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Tidur pada Mahasantri di Pondok Pesantren Syafi’ur Rohman Wilayah Sumbersari Jember. Universitas Muhammadiyah Jember. Skripsi.

Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v14i1.5255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats