REGULASI DIRI OTONOM DAN TERKONTROL PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., Fatmaningrum, W., Yusuf, A. (2011). Upaya meningkatkan perilaku pasien dalam tatalaksana diabetes mellitus dengan pendekatan teori model behavioral system Dorothy E. Johnson. Jurnal Ners, 6 (1) 1-11. Diakses pada tanggal 2 Februari 2014 dari Google Scholar database.
American Diabetes Association (2013). Standards of medical care in Diabetes. Diabetes Care, 36(Supplement 1), S11S66.
Ardiakso, T., Siswanto, & Ahsan. (2013). Hubungan antara tingkat pengetahuan dan perilaku terhadap manajemen pengobatan dengan kekambuhan penderita Diabetes Mellitus. Diakses pada tanggal 13 Maret 2014, dari Universitas Brawijaya, Fakultas Kedokteran. Web site:http://old.fk.ub.ac.id/artike l/id/filedownload/keperawatan /Majalah%20Taufik%20Ardia kso.pdf
Bandura, A., & Cervone, D. (1986). Differential engagement of self-reactive influences in cognitive motivation.Organizational Behavior and Human Decision Processes, 38, 92-113. Diakses tanggal 26 April 2015 dari Google Scholar Database.
Bandura, A. (2005). Primacy of self-regulation in health promotion transformative mainstream. AppliedPsychology: An International Review, 54, 245-254. Diakses tanggal 26 April 2015 dari Google Scholar Database.
Diani, Noor. (2013). Pengetahuan dan praktik perawatan kaki pada klien DiabetesMellitus tipe 2. Universitas Indonesia, Fakuktas Ilmu Keperawatan. Diakses pada tanggal 2 Februari 2014, dari Google Scholar database.
Ferawati. (2014). Hubungan Dukungan Keluarga dan Perilaku Pengelolaan Diabetes Mellitus Tipe 2. Fakultas Kedokteran. Universitas Tanjung Pura. Naskah Publikasi. Diakses pada tanggal 22 Februari 2015, dari Google Scholar database.
Friedman dan Schustack. (2008). Kepribadian: Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.
Hendro. (2010). Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. Tesis. Diakses pada tanggal 22 Februari 2015, dari Google Scholar database.
Kumboyono; Fathoni, M., & Ningrum, D.P. (2012). Perbedaan tingkat stres antara pria dan wanita penderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Diakses pada
tanggal 1 April 2014 dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, dari Google Scholar database.
Kusniawati. (2011). Analisis faktor yang berkontribusi terhadap self care diabetes pada klien diabetes melitus. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.Tesis. Diakses pada tanggal 2 Februari 2014, dari Google Scholar database.
Kusumadewi, Melina Dian. (2011). Peran stresor harian, optimisme dan regulasidiri terhadap kualitas hidup individudengan diabetes melitus tipe 2. PsikoIslamika, Jurnal Psikologi Islam (JPI), 8 (1), 43-62. Diakses pada tanggal 2 Juli 2014 dari Google Scholar database.
Mashudi. (2011). Pengaruh progressive muscle relaxation terhadap kadar glukosa darah pasien diabetes tipe 2. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Tesis. Diakses pada tanggal 2 Februari 2014, dari Google Scholar database.
Mc Phee, S.J. & Ganong, W.F. (2011). Patofisiologi penyakit. Jakarta: EGC.
Nasrudin, E. (2010). Psikologi manajemen. Jakarta: CV Pustaka Setia
Niven. (2002). Psikologi kesehatan. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo. (2010). Ilmu perilaku manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam & Efendi, F. (2008). Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Ormrod, J.E. (2009). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Erlangga.
Ormrod, J. E. (2012).Human learning six edition. New Jersey: PearsonEducation,Inc.
Perkeni. (2011). Konsensus pengendalian dan pencegahan Diabetes Mellitus tipe 2 di Indonesia 2011. Jakarta: Penulis.
Permana, Hikat. (2009). Komplikasi kronik dan penyakit penyerta pada Diabetesi. Diakses tanggal 27 April 2015 dari Pustaka UNPAD database
Purdie, N., Hattie, J., & Douglas, G. (1996). Student conceptionof learning andtheir use of self regulated learning strategies : A cross-cultural comparison. Journal of Educational Psychology, 88, 87-100.
Sarwono, S. (2005). Psikologi Sosial. Balai Pustaka, Jakarta
Schunk, D. H., & Ertmer, P. A. (1999). Self-regulatory processes during computer skill acquisition: Goal andselfevaluative influences.Journal of Educational Psychology, 91, 251-260.
Sigurdardottir, A.K. (2005). Self-care in Diabetes : model of factors affecting self care. Journal of Clinical Nursing, 14, 3013014.
Smeltzer, S.C., Bare, B.G., Hinkle, J.L., & Cheever, K.H. (2008). Brunner & Suddarth’s textbook of medical-surgical nursing (11th ed). Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.
Smet. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Gramedia
Soegondo. (2007). Penatalaksanaan Diabetes Mellitus terpadu. Jakarta: Balai Penerbit FK UI.
Sousa, V.D., & Zauszinewski, J.A. (2005). Toward a theory of diabetes self-care management. The Journal of Theory Construction & Testing, 9 (2), 61-67.
Suryani. (2004). Perilaku agresif remaja ditinjau dari pengelolaan diri dan persepsi terhadap pola asuh authorian orang tua. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Tjokroprawiro, A. (2004). Hidup sehat dan bahagia bersama Diabetes. Jakarta: Gramedia Pustaka
Tomey, A.M. & Alligood, M.R. (2010). Nursing theorist and their work. Toronto: The CV Mosby Company St. Louis
Uno, H. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Vansteenkiste, M., Smeets. S., Soenens, S., Lens, W., Matos, L., Deci, E.L. (2010). Autonomous and controlled regulation of performanceapproach goals: Their relations to perfectionism and educational outcomes. Motiv Emot, 34, 333–353. Diakses pada tanggal 30 September 2016 dari Springer Database
Widayati, (2008). Pengaruh meditasi relaksasi dalam gerak terhadap penurunan tingkat stres dan kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2. Universitas Airlangga. Skripsi. Tidak dipublikasikan
Zimmerman dan Pons, (1988). Construct validation of a strategy model of student selfregulated learning. Journal of Educational Psychology, Vol 80(3), 284-290. Diakses pada tanggal 26 April 2015 dari APA PsycNET database.
Zimmerman,B.J.(1989).Modelsofselfregulatedlearningandacademic achievement.InB.J.Zimmerma n&D.H.Schunk(Eds.),Selfregulatedlearningandacademic achievement: Theory, research, and practice. New York: Springer
DOI: https://doi.org/10.32528/the.v7i1.387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats