EVALUASI MANAGEMEN NUTRISI BALITA DI POSYANDU CATHELYA DESA DUKUH MENCEK KECAMATAN SUKORAMBI

Susi Wahyuning Asih

Abstract


Nutrisi adalah kebutuhan dasar manusia, termasuk pada balita. Proses tumbuh kembang balita membutuhkan nutrisi yang cukup. Hal ini merupakan kondisi yang sangat kompleks. Diperlukan persiapan yang cukup selama memasuki proses tumbuh kembang sehingga dapat memberikan panduan untuk menjalani masa perkembangan anak balita. Manajemen nutrisi bagi balita ini didasarkan pada konsekuensi proses pertumbuhan dan perkembangan balita. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang bagaimana manajemen nutrisi pada masa pertumbuhan Balita. Metode penelitian  ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross sectional dengan data retrospektif. Jumlah sampel yang digunakan adalah  semua balita di RW 3 Desa Dukuh mencek sukorambi yang ada di posyandu. Hasil penelitian ini akan disajikan dengan analisis tendensi sentral. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa evaluasi manajemen nutrisi pada balita berada pada kategori cukup. Peningkatan pengetahuan dan aplikasi pada manajemen  nutrisi diposyandu Cathelya harus lebih disosialisasikan lagi.


Keywords


manajemen, Nutrisi, Ibu, balita

Full Text:

PDF

References


Adriani, M & B. Wirjatmadi. (2014). Gizi dan Kesehatan Balita (Peranan Mikrozinc pada Pertumbuhan Balita). Jakarta: Kencana Prenadamedia

Almatsier S, Soetardjo S, & Soekatri M. (2011). Gizi Seimbang dalam Daur Kehidupan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Angka Kecukupan Gizi (AKG). (2014). Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi bangsa Indonesia. Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Kemenkes RI.

Departemen Kesehatan RI. (2000). Gizi Seimbang menuju Hidup Sehat bagi Balita. Jakarta: Depkes RI.

Group.Direktorat Gizi Masyarakat (2005). Manajemen Nutrisi Kepmenkes RI No. 450/Menkes/SK/IV/2004 tentang pemberian ASI secara Eksklusif pada bayi di Indonesia.

Roesli, U. (2006). Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta : Trubus Agrudaya.

Prasetyono, D., 2009. Buku Pintar ASI Eksklusif. Cetakan pertama. Jogjakarta: Diva Press (Anggota IKAPI).




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v11i2.2963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats