SEGMENTASI DAN STRATEGI PEMASARAN KOPI JAVA IJEN RAUNG BONDOWOSO
Abstract
Kabupaten Bondowoso merpakan kabupaten penghasil kopi arabika terbaik di Indonesia, yang dikenal dengan Kopi Java Ijen Raung, akan tetapi kopi yang dikonsumsi bukan Kopi Java Ijen Raung melainkan kopi olahan pabrik lainnya. Fenomena ini tentunya mengharuskan agroindustri kopi Java Ijen Raung mengembangkan produk kopinya agar dapat lebih diterima oleh konsumen kopi di Bondowoso. Suatu informasi mengenai perilaku konsumen sangat dibutuhkan dengan melakukan segmentasi, menganalisa karakteristik konsumen kopi, sehingga mempermudah Kopi Java Ijen Raung dalam menentukan strategi pemasarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen kopi terbanyak adalah laki-laki, remaja akhir, menengah ke bawah yang memiliki pekerjaan wiraswasta, berpendidikan SMA, menikah dan tinggal lebih dari 5 Km dari kota. Konsumen kopi di Kabupaten Bondowoso lebih banyak yang memilih Top Coffee di banding kopi olahan yang lain. Konsumen kopi Bondowoso banyak yang merupakan penggemar kopi dengan status loyal terhadap merek.
Kata Kunci : segmentasi, preferensi, faktor dan strategi pemasaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penlitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kotler, P dan Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kusdianto, N. 2015. Efisiensi dan Strategi Pemasaran Kopi Arabika (Coffea Arabica) Java Ijen Raung Di desa Sukorejo Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. Skripsi. Jember: Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Nitisusastro, M. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung:
Alfabeta.
Peter, J.P dan Olson J.C. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Peter, J.P dan Olson J.C. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Primadani, T. 2012. Analisa Perilaku Konsumen Kopi Di kabupaten Jember Serta Implikasinya Terhadap Staretegi Pengembangan Agroindustri Kopi Bubuk Lokal. Skripsi. Jember: Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Sangadji, E.M dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.
Santoso dan Tjiptono. 2001. Riset Pemasaran: Konsep dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Utami, R.W. 2009. Segmentasi Dan Analisis Perilaku Konsumen Kopi Bubuk. Jurnal J-SEP, 3(2): 49-58.
DOI: https://doi.org/10.32528/smbi.v8i1.1763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats