Penerapan Model Presensi Ujian Semester Berbasis Quick Response Code (QR Code) di Universitas Muhammadiyah Jember

Lutfi Ali Muharom

Sari


Presensi adalah salah satu faktor penting dalam proses ujian semester di Perguruan Tinggi. Permasalahan yang terjadi adalah kesulitan dalam pengumpulan data-data kehadiran mahasiswa dalam sesi ujian semester baik Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Kebanyakan proses pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan kartu ujian mahasiswa dan ditandatangani oleh Pengawas. Penerapan model presensi (smart presence) yang dikombinasikan dengan teknologi QR Code dapat memberikan solusi yang efektif dan mudah dalam melakukan presensi secara online. Harapannya Pengawas ujian tidak lagi membubuhkan tanda tangan pada kartu ujian dan mahasiswa tidak lagi mencetak kartu ujian. Smart Presence memanfaatkan fungsi dari smartphone untuk memudahkan Pengawas dalam melakukan presensi secara online. Nomor Ujian dan NIM mahasiswa akan tersimpan dalam database dan akan ditampilkan menggunakan QR Code. Saat pengawas ujian melakukan scanning QR Code, maka mahasiswa akan menyerahkan QR Code yang telah tercetak di smartphone. Aplikasi Smart Presence pada ujian semester di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember merupakan alternatif solusi untuk mempermudah dan menyederhanakan proses presensi. Kata kunci: QR Code, Smart Presence, Smartphone

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Android.(2013). Dasboards.Developer.android.com, (diakses tanggal 15 Januari 2016).

Ariadi. (2011). Analisis dan Perancangan Kode Matriks Dua Dimensi Quick Response (QR) Code. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Ashford, Robin. (2010). QR Code and academic libraries reaching mobile users. (Online) http://crln.acrl.org/content/71/10/526.full (Diakses tanggal 22 Januari 2016).

Asmono, Cahya Rizky D. (2013). Perancangan Aplikasi Hijaiyah Pada Android Dengan Menggunakan Metode Rectangles Collision Detection. Skripsi Universitas SumateraUtara.

Denso Wave Incorporated. (2013). Answers to your question about the QR Code. (Online) http://www.qrcode.com/en/ (Diakses tanggal 20 Februari 2016).

Denso ADC. (2011). QR Code Essentials. (Online) http://www.nacs.org/LinkClick.aspx?fileticket=D1FpVAvvJuo%3D&tabid=1426&mid=4802 (Diakses tanggal 5Januari 2016).

Putra, I.N.H.R dan Tri, M.P. (2014). Aplikasi Presensi Siswa Menggunakan Kode QR Code Berbasis Android Di SMK Shifa Kalipare Malang. Universitas Kanjuruhan Malang.

Setyawan, Antonius Hendra. (2010). Perancangan Aplikasi Sistem Presensi Mahasiswa Menggunakan QR Code Paa Sistem Operasi Android. Universitas Diponegoro Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.