Analisis dan Implementasi Honeypot Menggunakan Dionaea Sebagai Penunjang Keamanan Jaringan

Triawan Adi Cahyanto, Hardian Oktavianto, Agil Wahyu Royan

Sari


Honeypot merupakan salah satu paradigma baru dalam keamanan jaringan yang bertujuan untuk mendeteksi kegiatan yang mencurigakan, membuat jebakan untuk penyerang (attacker) serta mencatat aktivitas yang dilakukan penyerang. Dionaea merupakan salah satu kategori honeypot low interaction sebagai penerus Nephentes. Dionaea membuat emulasi layanan palsu yang akan dijadikan sebagai target utama serangan. Penelitian yang dilakukan dengan membuat simulasi terhadap kinerja sistem. Honeypot dibangun menggunakan sistem operasi pada lingkungan virtual. Pengujian sistem menggunakan teknik penyerangan port scanning dan exploit layanan sistem. Hasil penyerangan akan tersimpan pada log yang terdapat pada honeypot. Dioanea berhasil diterapkan untuk menjebak penyerang dimana data penyerangan yang tercatat pada log berupa exploitasi ke MySQL, Layanan SMB dan Layanan MSRPC.
Kata kunci: Honeypot, Dionaea, Exploit, Keamanan Jaringan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief, Muhammad.2012. Implementasi Honeypot Dengan Menggunkan Dionaea Dijaringan Hotspot FIZZ. Politeknik Telkom: Bandung.

Bruteforce Lab Team.Honeydrive.Diakses Tanggal 02 April 2015 http://bruteforce.gr/honeydrive.

Cahyanto, T.A., 2015. BAUM-WELCH Algorithm Implementation For Knowing Data Characteristics Related Attacks On Web Server Log. Proceeding IC-ITECHS 2014, 1(01).

Cahyanto, T.A. and Prayudi, Y., 2014, June. Investigasi Forensika Pada Log Web Server untuk Menemukan Bukti Digital Terkait dengan Serangan Menggunakan Metode Hidden Markov Models. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Dionaea Project Team.Dionaea. Diakses tanggal 17 Maret 2015 http://dionaea.carnivore.it/

Ion.Visualizing Dionaea’s results with DionaeaFR. Diakses tanggal 15 Maret 2015

http://bruteforce.gr/visualizing-dionaeas-results-with-dionaeafr.html

Nugroho, Ardianto Setyo.2013.Analisis Dan Implementasi Honeypot Menggunakan Honeyd Sebagai Alat Bantu Pengumpulan Informasi Aktivitas Serangan Pada Jaringan.Institut Sains & Teknologi AKPRIND: Yogyakarta.

Purbo, Onno W.2008.Keamanan Jaringan Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Purnomo,2010.Membangun Virtual PC Dengan VirtualBox. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Sentanoe, Stewart.Instalasi Dionaea. Diakses tanggal 02 Maret 2015 http://honeynet.idsirtii.or.id/honeynet/?p=129

Umayah, Nurhasanah.2012.Perancangan dan Implementasi Honeypot pada Virtual Private Server sebagai Penunjang Keamanan Jaringan. Politeknik Telkom:Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.