Penerapan Fungsi Linier Untuk Penentuan Komponen Penilaian Kesehatan Koperasi

Budi Satria Bakti, Mohammad Halim

Sari


Penilaian kesehatan koperasi adalah salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan oleh pejabat berwenang terhadap kegiatan usaha pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) atau koperasi yang memiliki Unit Usaha Simpan Pinjam. Penelitian ini dimaksudkan untuk membantu penghitungan nilai komponen kesehatan dalam melakukan penilaian kesehatan koperasi melalui metode matematis agar lebih tepat dan proporsional. Acuan penentuan formula adalah dengan menggunakan tabel-tabel penilaian pada komponen-komponen kesehatan koperasi berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2009. Analisis data dilakukan dengan menentukan batas-batas nilai pada setiap interval nilai komponen kesehatan koperasi, kemudian memodelkan batas nilai interval nilai komponen kesehatan koperasi ke dalam Fungsi Linier. Hasil penelitian adalah bentuk rumusan atau formula Fungsi Linier pada komponen-komponen penilaian koperasi, kecuali komponen-komponen pada aspek manajemen yaitu Manajemen Umum, Manajemen Kelembagaan, Manajemen Aktiva serta Manajemen Likuiditas. Hal ini dikarenakan bentuk penilaian dari aspek manajemen tersebut menggunakan model pertanyaan dengan jawaban ”Ya” dan ”Tidak”, sehingga tidak memungkinkan untuk dimodelkan dengan Fungsi Linier.
Kata kunci: Kesehatan, Koperasi, Fungsi Linear


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemenkop dan UMKM. 2009. Peraturan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2009 (Perubahan Atas Peraturan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Nomor 20/PER/M.KUKM/XI/2008 Tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi). Jakarta: Kementerian Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah.

Rahmaningsih, F. 2011. Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Unit Simpan Pinjam Pada Koperasi “X” Di Kabupaten Gresik Tahun Buku 2008-2010. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Purcell, E.J.; Varberg, D; Rigdon, S.E. 2007. Calculus 9th. USA: Prentice Hall, Inc.

Anton, H & Rorres, C. 2005. Elementary Linear Algebra. USA: John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.