Analisis Penemuan Barang Bukti Digital Melalui Rekaman Suara Menggunakan Praat Dengan Metode Audio Forensik

Hafiz Pratama S Nawawi, Carudin Carudin, Dadang Yusup

Abstract


Perkembangan zaman saat ini membawa pengaruh besar kedalam dunia digital, informasi bisa diterima sangat cepat, namun dalam menerima informasi yang didapat seringkali masyarakat salah menggunakan nya, salah satu diantaranya informasi penyebaran  hoax mengenai vaksin sinovac yang masuk ke Indonesia, banyak opini yang masyarakat terima tentang hal negatif setelah melakukan vaksin tersebut. Salah satunya berupa rekaman suara yang beredar tentang informasi bohong vaksin tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan rekaman suara yang diterima identik atau tidak berdasarkan jenis kelamin. Oleh karena itu perlu penanganan forensik untuk mengidentifikasi bukti digital dengan menggunakan metode audio forensik. Sedangkan metodologi yang digunakan adalah SOP 12 DFAT (Digital Forensic Analyst Team) dengan melakukan proses akuisisi, enhancement, decoding dan voice recognition. Tools yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  Adobe Audition CS6, Praat , dan Gnumeric. Analisis dilakukan dengan mencari nilai statistik pitch, formant dan, spectrogram dimana dari hasil ketiga komponen suara tersebut. Hasil yang didapat dari tujuh sampel suara yang identik dengan barang bukti yaitu sampel suara ke-7 dan jenis kelamin dari masing masing rekaman suara yang dimiliki yaitu tujuh orang laki-laki dan satu orang perempuan. Bukti yang ditemukan merupakan bukti yang sah berdasarkan  UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan UU ITE No 19 Tahun 2016 Pasal 28 Ayat 1 mengenai berita penyebaran hoaks di media elektronik.


Keywords


Audio Forensik, Berita Bohong, Rekaman Suara, SOP 12 DFAT

References


Al-Azhar, & Nuh, M. (2012). Digital Forensik Panduan Praktis Investigasi Komputer. Jakarta: Salemba Infotek.

-------------------------------------------------------------------------

Billiocta, Y. (2021, Januari Selasa). Merdeka.com. Diambil kembali dari Merdeka.com: https://www.merdeka.com/peristiwa/penyebar-hoaks-masyarakat-aceh-tolak-vaksin-sinovac-ditangkap-polisi.html

---------------------------------------------------------------------------

Gustafi, M. F., Umar, R., & Sunardi. (2018). Analisis Manipulasi Suara Yang Telah Di Edit Dengan Aplikasi Smartphone Menggunakan Teknik Audio Forensik Sebagai Barang Bukti Digital. Seminar Nasional Informatika, 76-80.

--------------------------------------------------------------------------

Kominfo. (2021). Kominfo. Diambil kembali dari Kominfo.go.id: https://www.kominfo.go.id/content/all/laporan_isu_hoaks

------------------------------------------------------------------------

Komunikasi. (2021). Badan Pusat Statistik. Diambil kembali dari Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/publication/2019/12/12/66c0114edb7517a33063871f/statistik-kriminal-2019.html

-------------------------------------------------------------------------

Septiansyah, H. (2015). Implementasi Metode Forensik Suara Pria Menggunakan Teknik Recognize Untuk Analisis Kemiripan Suara Pada Media Alat Rekam Telepon Selular. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

------------------------------------------------------------------------

Subki, A., Sugiantoro, B., & Prayudi, Y. (2018). Membandingkan Tingkat Kemiripan Rekaman Voice Changermenggunakan Analisis Pitch, Formant Dan Spectogram. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), V(1), 17-22.

------------------------------------------------------------------------

Umar, R., Sunardi, & Gustafi, M. F. (2019). Analisis Statistik Manipulasi Pitch Suara Menggunakan Audio Forensik Untuk Bukti Digital. Mobile and Forensics, I(1), 1-12.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v7i1.5368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hafiz Pratama S Nawawi, Carudin Carudin, Dadang Yusup

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats