Sistem Informasi PraOutline Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika UM Pontianak

Syarifah Putri Agustini Alkadri, Rizky Wahyu Prasetio

Abstract


Tugas Akhir merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan jenjang Sarjana pada Program Studi Teknik Informatika UM Pontianak. Salah satu prosedur dalam pengajuan Tugas Akhir adalah mahasiswa wajib untuk membuat proposal tugas akhir (outline). Pada tahap pengajuan judul tugas akhir, mahasiswa diwajibkan membuat draft proposal yang berisi deskripsi judul tugas akhir yang akan diusulkan. Permasalahan yang ditemui adalah proses pengajuan proposal menjadi terlambat karena mahasiswa tidak dapat menyelesaikan proposal tepat waktu. Hal ini dikarenakan mahasiswa merasa bingung dan tidak dapat melakukan konsultasi secara intensif mengenai judul/ topik tugas akhir yang akan diusulkan. Situasi pandemi Covid-19 serta kesibukan dosen menjadi hambatan bagi mahasiswa untuk melakukan bimbingan tatap muka langsung dengan dosen. Prototipe Sistem Informasi Pra-Outline Tugas Akhir mahasiswa dirancang untuk memudahkan mahasiswa melakukan konsultasi/bimbingan  serta interaksi dengan pihak prodi melalui sistem informasi berbasis web. Pengguna sistem ini diantaranya adalah Kaprodi, Admin, Dosen, dan Mahasiswa. Mahasiswa dapat menunggah draft proposal yang kemudian akan direview oleh tim penguji dosen. Pada akhir review, dosen dapat memberikan persetujuan pada judul yang diajukan oleh mahasiswa untuk kemudian dapat melanjutkan pada tahapan seminar proposal. Hasil review tersebut juga digunakan sebagai rekomendasi dalam menentukan dosen penguji sesuai dengan kelompok keahlian dosen. Prototype dirancang berbasis web dengan menggunakan framework Code Ignitier (CI) dan basis data MySQL, pengujian perangkat lunak menggunakan metode blackbox. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protoype dapat digunakan dengan baik dan mempermudah mahasiswa dalam melakukan konsultasi judul tugas akhir.


Keywords


Sistem Informasi; Code Ignitier; Outline Mahasiswa.

References


Almahfud. (2020). Berjuang Menyelesaikan skripsi ditengah pandemi.

Fowler, M. (2004). UML Distilled: A Brief Guide to the Standard Object Modeling Language. Pearson Paravia Bruno Mondad.

Kusumaningrum, A. D. (2011). Sistem informasi penilaian kinerja dosen di sekolah tinggi ilmu kesehatan telogorejo semarang. Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro, (5).

Pressman, R. S. (2014). SOFTWARE ENGINEERING: A PRACTITIONER’S APPROACH, SEVENTH EDITION. In Software Quality Engineering: A Practitioner’s Approach.

Putra, S., & Kumaladewi, N. (2012). Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Dosen (Studi Kasus: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.15408/sijsi.v4i2.133

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. In Jurnal Administrasi Pendidikan UPI.

Teknik, T. P. F. (2014). Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Teknik. Pontianak: Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Tuturoong, F. M., Sengkey, R., & Najoan, X. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Proses Tugas Akhir. Jurnal Teknik Informatika, 8(1). https://doi.org/10.35793/jti.8.1.2016.12228




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v6i1.4034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syarifah Putri Agustini Alkadri, Rizky Wahyu Prasetio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats