Pengaruh Human Organization Technologi (Hot) Fit Model Terhadap Evaluasi Sistem Informasi Akademik Dosen

Dewi Lusiana

Abstract


Sistem informasi akademik Dosen atau SIA Dosen berbasis android di Universitas Muhammadiyah Jember adalah salah satu bukti kemajuan dalam hal pelayanan dan manajemen yang lebih baik. Untuk mengetahui persepsi-persepsi yang mempengaruhi mahasiswa menggunakan Sistem Informasi Akademik berbasis android, maka diperlukan evaluasi sistem informasi yang bisa digunakan untuk evaluasi sistem informasi salah satunya yaitu HOT (Human, Organization, Technology) Fit. Teknik random sampling pada 100 responden yang telah menggunakan SIA Dosen berbasis android digunakan sebagai pengambilan sampel penelitian. Metode SEM (Structural Equation Modelling) dignakan untuk metode analisis data. Hasil penelitian QoS (Quality of Services) atau Mutu layanan member nilai positif terhadap Kenyamanan pemakai (use satisfaction). Pemakai mendapatkan layanan prima diberikan penyedia terkait yang berkoefisien 0.449 antara service quality dengan use satisfaction sedang nilai C.R 3.283. Kenyaman pemakai (use satisfaction) tidak memberi hal  positif terhadap manfaat mendasar. Dikarenakan keuntungan yang diberikan SIA berbasis Android belum tentu memberikan kepuasan kepada pengguna berdasarkan nilai koefisien yaitu -0.074 kurang dari nilai syarat cukup yaitu lebih besar dari 0,5. Struktur organisasi (organization structure) berpengaruh signifikan positif terhadap net benefit. Dibuktikan dengan nilai koefisien antara organization structure dengan net benefit 0,884 juga dengan nilai C.R 4.869.

Kata kunci: Model HOT-Fit, SIA


References


Akhmad. (2016). Pengertian Android Yang Benar Menurut Para Ahli. Retrieved from https://www.akhmadshare.com/2016/12/pengertian-android--benar--para-ahli.html

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Bahri, S., & Zamzam, F. (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-Amos. Yogyakarta: Deepublish.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Djaali, & Muljono, P. (2007). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Erimalata, S. (2016). Pendekatan Hot-Fit Framework dalam Generalized Structural Component Analysis pada Sistem Informasi Manajemen Barang Milik Daerah: Sebuah Pengujian Efek Resiprokal. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 17(2). https://doi.org/10.18196/jai.2016.0051.141-157

Erlirianto, L. M., Ali, A. H. N., & Herdiyanti, A. (2015). The Implementation of the Human, Organization, and Technology-Fit (HOT-Fit) Framework to Evaluate the Electronic Medical Record (EMR) System in a Hospital. Procedia Computer Science, 72. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.166

Ghozali, I. (2011). MODEL PERSAMAAN STRUKTURAL KONSEP DAN APLIKASI DENGAN PROGRAM AMOS 19.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair. (2010). Multivariate Data Anaysis, Sevent Edition. Pearson Prentice Hall.

Hermawan, A. (2005). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: PT. Grasindo.

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Kodarisman, R., & Nugroho, E. (2013). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Pemerintah Kota Bogor. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi UGM, 2(2).

Kurniawan, A. (2009). Belajar Mudah SPSS untuk Pemula. Yogyakarta: MediaKom.

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi. Jakarta: Kencana.

Poluan, F., Lumenta, A., & Sinsuw, A. (2014). Evaluasi Implementasi Sistem E-Learning Menggunakan Model Evaluasi HOT FIT Studi Kasus UNIVERSITAS SAM RATULANGI. E-Journal Teknik Informatika, 4(2).

Raharjana, I. K. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Metodologi Agile. Yogyakarta: Deepublish.

Santoso, S. (2007). Student Guide Series. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2011). Structural Equation Modeling (Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Supranto. (2000). Statistik : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Suryani, & Hendryadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media.

Umar, H. (2002). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Widi, R. (2011). Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Laboratorium Ilmu Kesehatan Gigi Dan Mulut Dan Pencegahan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Negeri Jember




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v5i1.3611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dewi Lusiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats