IMPLEMENTASI ALGORITMA LEVENSHTEIN DISTANCE DENGAN RESTFUL WEB SERVICE PADA KATA BAHASA INDONESIA KE BAHASA JAWA BERBASIS WEB

Welly Kuswanto

Abstract


Bahasa Indonesia yang selelu kita pakai menjadi bahasa persatuan di Indonesia. Disamping bahasa persatuan, Indonesia juga memiliki banyak bahasa daerah salah satunya adalah bahasa Jawa. Semua warga negara Indonesia tentunya terbiasa dalam berbahasa Indonesia karena Bahasa Indonesia adalah Bahasa nasional. Namun dalam berkomunikasi bahasa daerah seperti bahasa Jawa, masyarakat tidak terbiasa menggunakan Bahasa Jawa dibandingkan bahasa Indonesia terutama masyarakat yang tinggal di pulau Jawa. Hal ini dikarenakan masyarakat jawa terbiasa berbahasa Indonesia dibandingkan dengan berbahasa Jawa. Oleh karena itu, penulis mencoba membangun sistem untuk mempermudah pengembang aplikasi dengan tujuan agar efektif dan efisien dalam mengembangkan aplikasinya tanpa memandang berbagai platform dan bahasa pemrograman yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menyediakan komunikasi online yang menyenangkan disaat terjadi pandemic Corona Virues Disease 2019 (COVID 19) di Indonesia khususnya di pulau jawa.  Efek langung yang dirasakan pada saat pandemi COVID 19 adalah semua pekerja mengimplementasikan komunikasi via dalam jaringan (daring/online) terkait dengan urusan kantor. Hal ini menyebabkan penulis menyediakan media komunikasi yang inovatif dalam bahasa Jawa, maka dibuatlah api (web service), serta menggunakan metode levenshtein distance dalam pencocokan kata bahasa Indonesia sebelum diterjemahkan ke bahasa Jawa. Web service yang dirancang mengunakan susunan restfull web service. Hasil aplikasi menggunakan metode approximate string matching didapatkan hasil persentase nilai precision sebesar 95,32%, nilai recall 100%, nilai accuracy 99,97%, dan nilai f-measure 97,51%. berdasarkan input sumber dan output target sangat efektif karena mendapatkan persentase yang cukup tinggi. tidak terdapat banyak kesalahan pada saat proses, sehingga secara fungsional dapat menampilkan hasil yang yang diinginkan.


Keywords


WebaService, levenshtein distance, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa.

References


Amri, A. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123–131.

Ardana, D. M. J. (2019). PERANAN KOMUNIKASI STAF DALAM SOSIALISASI PROGRAM KERJA DI PUSKESMAS TEJAKULA II KECAMATAN TEJAKULA. Locus, 11(1).

Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). EKSISTENSI BAHASA INDONESIA PADA GENERASI MILENIAL DI ERA INDUSTRI 4.0. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247–251.

Budiono, S., Erikha, F., & Pahlevi, E. R. (2018). Penelusuran Hubungan Bahasa Jawa Dialek Banyumas dengan Bahasa Jawa Dialek Banyuwangi Berdasarkan Variasi Bahasa Jawa Relationship Identification Banyumas Dialect in Central Java with Banyuwangi Dialect in East Java Based on Javanese Variation.

Dwitiyastuti, R. N., Muttaqin, A., & Aswin, M. (2013). Pengoreksi Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Levenshtein Distance. Jurnal Mahasiswa TEUB, 1(2).

Ilmy, M. B., Rahmi, N., & Bu’ulölö, R. L. (2006). Penerapan Algoritma Levenshtein Distance untuk Mengoreksi Kesalahan Pengejaan pada Editor Teks. Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Indra, Z., & Trisnawati, L. (2018). Pengembangan intelligent data collector untuk analisis big data artikel berita online. Rabit: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 47–57.

Leidiana, H. (2013). Penerapan algoritma k-nearest neighbor untuk penentuan resiko kredit kepemilikan kendaraan bemotor. PIKSEL: Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 1(1), 65–76.

Noerwidi, S. (2008). Awal Pendaratan Austronesia di Pantai Utara Jawa, Sebuah Prospek Melacak Nenek Moyang Etnis Jawa. Pertemuan Ilmiah Arkeologi XI.

Peggy, P. (2014). Optimasi pencarian kata pada aplikasi penerjemah bahasa mandarin–indonesia berbasis android dengan algoritma levenshtein distance. Universitas Multimedia Nusantara.

Rifa’i, A. M. (2015). Nasionalisme dalam Perspektif Bahasa Sebagai Perwujudan Jati Diri Bangsa. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(2), 155–180.

Suryadi, M. (2013). Penggunaan Tingkat Tutur Bahasa Jawa Ngoko dan Krama pada Ranah Keluarga dan Masyarakat di Kota Semarang dan Kota Pekalongan. UNS (Sebelas Maret University).

Wilian, S. (2006). Tingkat tutur dalam bahasa Sasak dan bahasa Jawa. Wacana, 8(1), 32–53.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v5i2.3447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Welly Kuswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats