Kesenjangan Digital Pulau Raas & Pulau Sapudi Tahun 2016-2018

Yeni Dwi Rahayu, Fairuzatul Jannah, Virda Desiyanti, Quswatun Hasanah, Intan Dian Puji, Abdul Wahid

Abstract


Pada era seperti saat ini perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar bagi manusi. Meskipun perkembangan teknologi sudah sangat pesat pada kenyataannya di Indonesia masih terdapat daerah yang mengalami kesenjangan digital sebagai contoh  untuk perbandingan yaitu Pulau Raas dan Pulau Sapudi yang berada di Daerah Madura. Dalam penelitian ini peneliti menjelaskan tentang faktor – faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan digital antara Pulau Sapudi dan Pulau Raas. Dalam Memperoleh atau mengumpulkan data peneliti menggunakan metode pengumpulan data dan juga wawancara kepada pihak terkait. Dari penelitian ini dapat di tarik kesimpulan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesenjangan digital di Pulau Raas dan Pulau Sapudi, faktor yang dimaksud adalah Infrastruktur Teknologi dan Informasi yang tidak memadai sehingga menyebabkan pembangunan infrastruktur menjadi mahal dan sulit, kondisi ekonomi masyarakat yang masih berada dilevel menengah ke bawah dan masih kurangnya perhatian dari pemerintah setempat mengenai pentingnya teknologi sehingga infrastruktur tersebut masih belum menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat sekitar.

 

Kata kunci: digital, infrastruktur TIK


References


Hadiyat, Y. D. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia (StudiKasus di KabupatenWakatobi). Pekommas, 17(2), 81–90.

Tyas, D. L., Budiyanto, A. D., & Santoso, A.J. (2016). Pengaruh Kekuatan Media Sosial dalam Pengembangan Kesenjangan Digital. Scientific Journal of Informatics, 2(2), 147. https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5083

Nasution, R. D. (2016). Pengaruh Kesenjangan Digital Terhadap Pembangunan Pedesaan (Rural Development). Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 20(1 Juni), 31–44.

KECAMATAN RAAS DALAM ANGKA 2018.(2018).

KECAMATAN NONGGUNONG DALAM ANGKA 2018. (2018).




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v4i2.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats