Pengembangan Kerangka Layanan Publik Melalui Content Management System

Nia Saurina

Abstract


Peningkatan pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membangun situs web pemerintah. Namun, kelangkaan sumber daya manusia di pemerintah yang menguasai teknologi informasi dan komputer khususnya teknis pembangunan situs web tak dapat dipungkiri menjadi sebuah kendala. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu cara penyelesaiannya adalah dengan menerapkan Content Management System (CMS) sebagai solusi cepat dan mudah dalam pembangunan situs web pemerintah. Dengan CMS, pemrogram dapat membangun sebuah situs web tanpa harus memiliki kemampuan khusus pemrograman web. Penelitian ini membahas penerapan CMS sesuai alur layanan publik di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta BAPETIKOM kota Surabaya. Konten dan fitur yang ada dalam situs web ini dibangun berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Dinas dan beberapa staff dan karyawan Dinas Kota Surabaya. Perancangan sistem dilakukan menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML). Perangkat lunak yang digunakan adalah paket installasi XAMPP terdiri dari PHP, Apache Web Server dan MySQL, dan perangkat lunak CMS Joomla. CMS layanan publik ini memberikan transparansi layanan publik kepada masyarakat, dimana masyarakat sebagai peminta jasa layanan mengetahui kejelasan alur penyelesaian pelayanan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buyit ICT Best Practice Initiative. 2004. Delivering E-enabled Publik Service Reform–The Framework For E-Government. United Kingdom

Grant, Gerald dan Chau. 2008. Derek Developing a generic framework for Egovernment. Journal of Global Information Management, Norway. Akses terakhir pada 13 Februari 2008

BP2T. 2010. Kerangka Manajemen Layanan Publik. Magelang.

Antonius, Kemas Yunus. 2010. Pengantar Content Management System (CMS).

http://ilmukomputer.com/umum/kemas-cms.php. Akses terakhir pada 20 Januari 2010.

Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Penerbit Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Yogi, S dan Ikhsan, M. 2006. Standar Pelayanan Publik di Daerah. Penerbit PKKOD-LAN. Jakarta.

Adegboyega Ojo, Tomasz Janowski and Elsa Estevez. 2007. A Composite Domain Framework forDeveloping Electronic Public Services. United Nation University–International Institute for Software Technology (UNU-IIST)

Robert Lahey. 2008. A Framework for Developing an Effective Monitoring and Evaluation System in the Public Sector– Key Considerations from International Experience. REL Solution Inc. Canada.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/justindo.v1i01.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

 INDEXING SERVICE