Aplikasi Pembesaran Citra Menggunakan Metode Nearest Neighbour Interpolation

Daryanto Daryanto

Abstract


Pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual dan dalam prosesnya mempunyai ciri-ciri data masukan dan informasi keluaran berbentuk berkas citra digital. Dalam pengolahan citra terdapat operasi geometri yaitu melakukan modifikasi terutama pada koordinat pixel dalam suatu citra dengan kemungkinan mengubah nilai skala dari titik tersebut dengan pendekatan tertentu. Operasi geometri berhubungan dengan perubahan bentuk geometri citra yaitu ukuran atau orientasinya, diantaranya adalah penskalaan (scaling atau zooming). Proses perubahan ukuran suatu citra melalui pembesaran ukuran atau resolusi sering dibutuhkan untuk keperluan memperlihatkan detail citra, untuk peragaan pada alat peraga, maupun untuk keperluan pembuatan dokumen. Salah satu fasilitas penting yang dimiliki program pengolah citra yang telah populer seperti photoshop, corel, photopaint dan sejenisnya adalah sebagai fasilitas skala. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk melakukan implementasi pembesaran citra adalah Interpolasi nearest neighbour. Dari pengujian yang dilakukan terhadap 4 citra dengan skala pembesaran 2 sampai 5 kali dihasilkan pembesaran citra dengan jaggies (tepi-tepi bergerigi) yang membuat citra seakan-akan pecah, sehingga perlu dilakukan perbaikan pada citra hasil pembesaran untuk menghasilkan citra pembesaran yang lebih baik.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anisyah, N. 2012. Evaluasi Penentuan Titik Konjugasi Pada Foto Stereo Dengan Menggunakan Metode Area-Based Image Matching. Jurnal Spectra. 19, (10), 1-18.

Hartomo, Kristoko D. 2006. Implementasi Metode Interpolasi Linier Untuk Pembesaran Resolusi Citra. Jurnal TEKNOIN. 11, (3), 1-14.

Luciana dan Nico. 2004. Implementasi Teknik Feature Morphing Pada Citra Dua Dimensi. Jurnal Integral, 9, (1), 36-42.

MathWorks. 2012. Interpolation Methods, http://www.mathworks.com/help/vision/ug/interpolation-methods.html, diakses tanggal 22 Desember 2012.

Pentimena, L. 2012. Evaluasi Penentuan Titik Konjugasi Pada Foto Stereo Dengan Menggunakan Metode Area-Based Image Matching. Jurnal Spectra. 19, (10), 1-18.

Tech-Algorithm.com. 2007. Nearest Neighbor Image Scaling. http://tech-algorithm.com/articles/nearest-neighbor-image-scaling/, diakses tanggal 22 Desember 2012.

Yahya, K. 2011. Aplikasi Kompresi Citra Digital Menggunakan Teknik Kompresi Jpeg dengan Fungsi GUI pada Matlab. Jurnal Teknika. 3, (2), 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/justindo.v1i01.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

 INDEXING SERVICE