Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika

Qurrota A'yun, Dimas Anditha Cahyo Sujiwo, Anggar Wahyu Hidayatullah

Abstract


E-learning merupakan penggunaan tekonologi basis internet dalam kegiatan  belajar mengajar. Dilihat dari segi manfaatnya e-learning ini merupakan sebuah solusi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menambah pengetahuannya serta juga dalam bidang keterampilannya. Semua ini dikarenakan pembelajaran seperti ini sangat luas karena secara sifat jaringannya mampu memberikan informasi dalam segi kecepatan. Dalam manfaatnyapembelajarannya yang tak terbatas salah satunya seperti antara pendidik dengan siswa baik komunikasinya dan mudah pelaksanaan kegiatannya tentunya menggunakan fasilitas internet secara teratur tanpa mempersoalkan waktu, tempat,dan jarak. Rancangan penelitian menggunakan one-group pretest postest  desain. Yang dilakukan ialah data yang telah terkumpul yaitu data pretest dan posstest dikaji menggunakan t-test. penganalisisan yang dilakukan untuk menguji dan menunjukkan bahwa adakah pengaruh pembelajaran e-learning atas hasil belajar mahasiswa Teknik Informatika. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh untuk a = 5%, dk 32 diperoleh t-hitung = 3,1 dengan  t-hitung > t-tabel, maka dapat dikategorikan untuk Ha diterima sementara untuk H0 ditolak, dengan kesimpulan bahwa rata - rata nilai mahasiswa setelah dilakukan tindakan pemberian pembelajaran e-learning  lebih dari rata-rata nilai sebelum pemberian tindakan pembelajaran e-learning. Berdasarkan penjabaran ini, bahwasanya terdapat pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Informatika.

 

Kata Kunci: Pembelajaran e-learning, hasil belajar Matematika

 

 

ABSTRACT

 

E-learning is the use of internet-based technology in teaching and learning activities. In terms of the benefits of e-learning, this is a solution that can be used by users to increase their knowledge and also in their areas of skill. All of this is because learning like this is very wide because the nature of the network is able to provide information in terms of speed. In the benefits of unlimited learning, one of them is like between educators and students, both communication and easy implementation of their activities, of course, use internet facilities regularly without questioning time, place, and distance. The research design uses one-group pretest postest design. What is done is the data that has been collected ie the pretest and posstest data are examined using t-tests. analyzing is done to test and show that there is an influence of e-learning learning on the learning outcomes of Informatics Engineering students. Based on the results of the analysis that has been done it is obtained for a = 5%, dk 32 obtained t-count = 3.1 with t-count> t-table, then it can be categorized for Ha accepted while for H0 rejected, with the conclusion that the average value students after taking action e-learning learning more than the average value before giving e-learning learning actions. Based on this explanation, there is an influence of e-learning learning on the learning outcomes of Informatics Engineering students.

 

Keywords: e-learning, mathematics learning outcomes

References


Agusniar, E. 2014. KemampuanProfesional Guru Bidang Studi PAI Dalam Meningkatkan PrestasiBelajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 1 Simpang Peut Kec. Kuala Kab. Nagan Raya. Jurnal Ilmiah:DIDAKTIKA Vol. 15,1, Hal. 224.

Akhyak. 2005. Profil Pendidik Sukses. Surabaya : elKAF Baharudin, R. 2010. Keefektifan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Tadrîs, 5(1), 112-127.

Budiman, M. A. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kelas Bahasa Inggris. Semantik, 2 (1), 9–14.

Darmayanti, T & dkk. 2007. E-LearningPada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Vol. 8 (2)

Farrell, J. 2009. “Active Learning: Theories and Research”. The Lookstein Center for Jewish Education. Vol. 40 No. 6. Insan Madani.

Kariadinata, R dan Abdurahman, M. 2012. Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Lawanto, O. 2001. Pembelajaran Berbasis Web sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Unitas, Vol 9 (1)

Pickard, Angela. 2004. “Sustaining Motivation and Fostering Excellence Education” International Journal of Arts and Humanities Citation. Vol. 4 No. 7

Sada, H. J. 2015. Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (1), 93–105

Seok, S. 2008. The aspect of e-learning. International Journal on ELearning, Proquest, 7(4), 725- 741.

Zulkifli. 2014. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada SMA Negeri 1 Peukan Bada a Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah: DIDAKTIKA Vol. XIV. 2, Hal. 314.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Qurrota A'yun, Dimas Anditha Cahyo Sujiwo, Anggar Wahyu Hidayatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

 

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor