Layanan Tanya Jawab E-Government Tingkat Kecamatan Berbasis Short Message Service

Deni Arifianto, Tony Dwi Susanto, Renny Pradina K

Abstract


Pemerintahan di seluruh dunia saat ini menghadapi tekanan dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam rangka pencapaian good governance. Salah satu layanan dalam e-Government di Indonesia adalah layanan informasi berbasis Short Message Service (SMS). Di Indonesia layanan ini hanya digunakan sebagai sarana pengumpulan informasi publik. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa pelaksanaan layanan e-Government berbasis SMS di Indonesia masih melahirkan kekecewaan publik. Sistem yang telah ada hanya mampu mengumpulkan masukan dari masyarakat tanpa ada feedback yang berarti. Salah satu kendala yang dihadapi pemerintah dalam penyediaan layanan informasi dan pengaduan masyarakat yang responsif adalah sistem berbasis SMS yang digunakan masih manual. Apalagi jika pertanyaan atau laporan yang masuk tidak dapat dijawab sendiri oleh staf layanan atau pejabat penerima pesan. Salah satu solusi yang mampu menjawab permasalahan ini adalah dengan membangun layanan e-Government berbasis SMS yang dapat memberikan otomasi jawaban untuk pengetahuan dan informasi yang diinginkan.

References


Baeza-Yates, R. 1999. Modern Information Retrieval. 385

Bell, E. and Bryman, A. 2007. The ethics of management research: an exploratory content analysis. British Journal of Management, 18(1)

Benny Sukmanegara. 2014. Pemrosesan Bahasa Alami Masa Depan Interaksi Manusia dan Komputer. http://uin-suska.ac.id/pages/view/pemrosesan-bahasa-alami-masa-depan-interaksi-manusia-dan-komputer, (diakses bulan April 2014)

Kyoung Jun Lee & Joon-Hyung Hong. 2002. Development of An E-Government Service Model : A Business Model Approach, International Review of Public Administration V7 Issue 2

Susanto, T. D., & Goodwin, R. D. 2006. Opportunity and overview of SMS-based e-government in developing countries. In Second International Conference on Advances in Education, Commerce & Governance: Technology’s Impact on Individuals, Culture and Society. WIT PRESS.

Tri Wahono. 2015. E-Government Indonesia Peringkat 36 dari 50 Negara, http://bola.kompas.com/read/2011/10/06/21020569/index.html (diakses pada 15 Oktober 2015)

Kumorotomo Wahyudi. 2008. Kegagalan Penerapan E-Government dan Kegiatan Tidak Produktif Dengan Internet.

http://kumoro.staff.ugm.ac.id/wp-content/uploads/2009/01/kegagalanpenerapan-egov.pdf. (Diakses pada 20 Pebruari 2013)




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v1i01.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Deni Arifianto, Tony Dwi Susanto, Renny Pradina K

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats