Mengevaluasi Tingkat Kematangan Domain DS 9 (Manage The Configuration) pada Implementasi Keamanan Wi-fi

Dewi Lusiana

Abstract


Salah satu bidang yang sangat pesat kemajuannya adalah Information Technology (IT) atau Information Systems (IS). Berkembangnya IS membawa dampak yang cukup signifikan bagi perusahaan ( Fenny dan Johanes Fernandes Andry, 2017). Dalam penelitian ini akan memperbaiki wifi yang sudah diterapkan. Dimana wifi yang sudah diterapkan hanya bisa diakses dengan login menggunakan username dan password. Beberapa pertanyaan sebagai kuisioner dilakukan juga tes wawancara kepada konsumen pengguna wifi. Dengan adanya penelitian pada wifi dengan menggunakan DS9 ini dapat meningkatkan keamanan jaringan untuk dapat mengakses internet yang digunakan. Nilai akhir pada quisioner yang sudah dihitung yaitu 2,57655 dibulatkan menjadi 3. Pada level ini arti dari hasil kuesioner tersebut yaitu Prosedur sudah distandarisasi dan didokumentasikan kemudian dikomunikasikan melalui pelatihan. Juga diamanatkan bahwa proses yang sudah dilakukan harus tetap dijalankan.


Full Text:

PDF

References


Andry, J. F. (2016). Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada Training Center Di Jakarta Menggunakan Framework COBIT 4.1. Jurnal Ilmiah FIFO , VIII, 28-34.

Anwar Shodiq, Arief & Ghozali, Khakim (2012). Evaluasi Kesesuaian Struktur Organisasi Pengelola Teknologi Informasi dengan Rencana Jangka Panjang Instansi (Studi Kasus pada Dinas XYZ). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Arisanti, D., 2011, Audit Sistem Informasi Ditinjau dari Perspektif Keuangan Menggunakan Standar COBIT 4.10 pada Direktorat Keuangan Pelabuhan Indonesia III, Tugas Akhir, Program Sarjana, Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya, Surabaya.

Azizah, N. (2017). Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada E-Learning Unisnu Jepara. Jurnal Simetris , 8, 377-382.

Budiono,Gatut(2010). Audit Kinerja Sistem Informasi Manajemen Pemeliharaan Unit Pembangkit Listrik Berbasis CobIT Domain. Jurnal EECCIS

Dewi Lusiana (2017) Mengevaluasi Tingkat Kematangan Domain DS 9 (Manage The Configuration) pada Implementasi Keamanan Wi-fi, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember

Fenny & Johanes Fernandes Andry, 2017 pada jurnal.umj.ac.id/index.php/ semnastek audit system informasi menggunakan framework cobit 4.1 pada pt. aneka solusi teknologi.

Gondodiyoto, S., 2007,Audit Sistem Informasi: Pendekatan Cobit, Edisi Revisi,Mitra Wacana Media, Jakarta.

Imanuel, A. A., 2010, Pengukuran Keselarasan Tujuan Sistem Informasi dan Bisnis dari Perspektif Keuangan Balanced Scorecard (Studi Kasus: Bagian Pengembangan dan Penerapan Teknologi Informasi STIKOM Surabaya), Tugas Akhir, Program Sarjana, Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya, Surabaya.

IT Governance Institute. (2007). COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models. Rolling Meadows, IL 60008, USA: IT Governance Institute.

Jusuf, Heni(2009). IT Governance pada layanan akademik on-line di universitas nasional menggunakan cobit (control objectives for information and related technology) versi 4.0. Yogyakarta:Universitas Nasional

Juliandarini & Handayaningsih, Sri(2013). audit sistem informasi pada digilib universitas xyz menggunakan kerangka kerja cobit 4.0. Yogyakarta:Universitas Ahmad Dahlan




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v2i2.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats