Bilangan Dominasi Jarak Dua Pada Graf Hasil Operasi Shackle

Reni Umilasari

Abstract


Himpunan dominasi S pada graf terhubung G=(V,E) adalah subset dari V(G) sedemikian setiap simpul G yang bukan elemen S terhubung dan berjarak satu terhadap S. Kardinalitas minimum diantara himpunan dominasi pada graf G disebut bilangan dominasi dari graf G dan dinotasikan γ(G). Sedangkan himpunan dominasi jarak dua yang dinotasikan dengan S_2, yaitu subset dari V(G) sedemikian simpul G yang bukan elemen S_2 terhubung dan memiliki jarak maksimal 2 terhadap S_2. Bilangan dominasi jarak dua γ_2 (G) adalah kardinalitas minimum dari himpunan dominasi jarak dua S_2. Graf shackle dinotasikan dengan Shack(G1,G2,· · · ,Gk) merupakan suatu graf shackle yang dibentuk dari k salinan graf G dinotasikan dengan Shack(G,k) dengank ≥ 2 dan k adalah bilangan asli. Operasi shackle pada penelitian ini terdiri dari shackle titik dan shackle sisi. Operasi shackle titik dinotasikan dengan Shack(G,v,t) artinya graf dikonstruksi dari sebarang graf G sebanyak t salinan dan v sebagai lingkage vertex. Sedangkan operasi shackle sisi dinotasikan dengan Shack(G,e,t) artinya graf dikonstruksi dari sebarang graf G sebanyak t salinan dan e sebagai lingkage edge. Dalam penelitian ini diperoleh bilangan dominasi jarak dua pada graf komplit dengan operasi shackle titik dan sisi adalah γ_2 (〖Shack(K〗_n,v_i,s))=⌈s/4⌉,jika s≥2,n≥3 dan γ_2 (〖Shack(K〗_n,e_i,s))=⌈s/5⌉,jika s≥2,n=3,4 dan⌈s/4⌉,jika s≥2,n≥5. Bilangan dominasi jarak dua pada graf bintang dengan operasi shackle adalah γ_2 (〖Shack(S〗_n,v_i,t))=⌈t/4⌉,jika t≥2,n≥3,γ_2 (〖Shack(S〗_n,e_i,t))=⌈t/2⌉jika t≥2,n≥3. Sedangkan graf komplit berpendant mempunyai bilangan dominasi jarak dua γ_2 (Shack(K_(n,n),v_i,m))=γ_2 (Shack(K_(n,n),e_i,m))=t,untuk m≥2,n≥3.


Full Text:

PDF

References


J. Gross, J. Yellen, Graph Theory and Its Applications, Chapman &Hall/CRC, FL 33487-2742, (2006), Boca Raton, London.

W. Haynes, Teresa, Fundamental of Dominations in Graphs, (1998), New York : Marcel Dekker, Inc.

T.K. Maryati, A.N.M. Salman, E.T. Baskoro, J. Ryan and M. Miller,On H-Supermagic labelings for Ccertain Shackles and Amalgamations of a Connected Graph, Utilitas Math. 83 (2010), 333-342.

Umilasari, R. 2015, Bilangan Dominasi Jarak Dua pada Graf-graf Hasil Operasi Korona dan Comb, Tidak Diterbitkan. Tesis. Surabaya : ITS.

Vikade,W.D, 2016. Bilangan Dominasi Jarak Dua pada Graf Hasil Operasi, Tidak Diterbitkan. Tesis. Jember : UNEJ.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v2i2.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Reni Umilasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats