Penempatan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Menggunakan Teori Bilangan Dominasi

Ilham Saifudin, Reni Umilasari

Abstract


Untuk setiap graf G = (V,E),S ⊆ V (G) dapat dikatakan himpunan dominasi dari G jika setiap simpul u ∈ V (G) bertetangga dengan S. Dengan demikian untuk setiap simpul u ∈ V (G), ada simpul v ∈ S dimana jarak antara u dan v maksimal satu. Kardinalitas minimum pada himpunan dominasi di graf G disebut dengan bilangan dominasi. Pada paper ini akan ditentukan himpunan dominasi jarak dua pada graf G yang didefinisikan dengan S_2 ⊆ V (G), dimana untuk setiap simpul u ∈ V (G) ada simpul w ∈ S_2 dimana jarak antara u dan w maksimal dua. Kardinalitas minimum pada himpunan dominasi jarak dua di graf G disebut dengan bilangan dominasi jarak dua. Pada Paper ini akan dicari bilangan dominasi jarak dua pada graf hasil operasi Shackle dengan subgraf sebagai penghubung (linkage), diantaranya : Shack(C_n,P_m,k), Shack(C_n,P_m,k), dengan m≤n/2 dan Shack(C_n,P_m,k) dengan m=2n. Serta akan dibahas studi kasus bilangan dominasi jarak dua pada penempatan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, dikarenakan penempatannya sembarang dan tidak menjangkau wilayah di sekitar Kecamatan Sumbersari.


Full Text:

PDF

References


Darmaji dan Umilasari, R. 2014. “Dominating Set Berjarak Dua pada Graf Jahangir dan Prisma”. Tidak Diterbitkan. Paper. Surabaya: ITS.

Haynes, T. W., Hedetniemi, S. T., dan Slater, P. J. 1996. Fundamental of Dominations in Graphs. New York: Marcel Dekker, Inc.

Munir, R. 2004. Algoritma Greedy. Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Slamin. 2009. Desain Jaringan Pendekatan Teori Graf. Jember: Universitas Jember

Sridharan, N., Subramanian, V. S. A dan Elias, M. D. 2002. Bounds on the Distance Two-Domination Number of Graph. Graphs and Combinatorics. 18: 667-675.

Umilasari, R. 2015. “Bilangan Dominasi Jarak Dua pada Graf-graf Hasil Operasi Korona dan Comb”. Tidak Diterbitkan. Tesis. Surabaya: ITS.

Vikade, W. D. 2016. “Bilangan Dominasi Jarak Dua pada Graf Hasil Operasi”. Tidak Diterbitkan. Tesis. Jember: Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v2i2.1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats