Penerapan Model Kualitas ISO/IEC 9126 Untuk Evaluasi Sistem Informasi Akademik Lembaga Bimbingan Belajar Berbasis Web

Afinda Arum Melathi, Wiwik Suharso

Abstract


Teknologi informasi dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan formal dan non formal baik dikelola pemerintah maupun swasta. Pemanfaatannya banyak berkaitan dengan pengelolaan dan pengolahan data-data akademik dalam Sistem Informasi Akademik (SIA). SIA berbasis web memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik secara online. Akan tetapi banyak ditemukan aplikasi SIA yang tidak memenuhi kebutuhan kualitas perangkat lunak, sehingga diperlukan evaluasi kebutuhan kualitas oleh pengguna akhir. Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Ganesha Operation adalah salah satu lembaga pendidikan non formal yang menerapkan SIA berbasis web. Penelitian ini mengevaluasi aplikasi SIA berdasarkan penilaian kelompok pengguna admin dan end-user. Evaluasinya menggunakan kuesioner dengan 6 atribut dan 21 atribut kualitas ISO/IEC 9126. Data kuesioner diproses dengan metode AHP untuk mengetahui nilai pembobotan atribut dan sub atribut dari sudut pandang admin dan user.


Full Text:

PDF

References


Al-Qutaish, R.E. (2010), “Quality Models in Software Engineering Literature: An Analytical and Comparative Study”, Journal of American Science.

Behkamal, B., Kahani, M., Akbari, M.K. (2009), “Customizing ISO 9126 quality model for evaluation of B2B applications”, Elsevier Information and Software Technology.

ISO/IEC (2001), “ISO/IEC 9126-1 Software Engineering-Product Quality-Part 1: Quality Model”, First edition 2001-06-15.

Magdalena, H., (2012), Model Pengambilan Keputusan Untuk Memilih Software Berbasis Open Source Untuk Aplikasi Digital Library Berbasis Web, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), Yogyakarta.

Pachemska, Lapevski, Timovski, (2014), Analytical Hierarchical Process (AHP) Method Application In The Process of Selection And Evaluation, International Scientific Conference, Gabrovo.

Rochmani, (2015), Evaluasi Website Akademik Menggunakan ISO/IEC 9126, Universitas Telkom, Tugas Akhir.

Saaty, T.L (1990), How to make a decision : The Analytical Hierarchy Process. In European Journal of Operational Reasearch.




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v2i1.1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Afinda Arum Melathi, Wiwik Suharso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats