Mengevaluasi Tingkat Kematangan Domain Delivery Support (DS11) Perpustakaan Menggunakan Kerangka COBIT 4.1

Dewi Lusiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki sistem perpustakaan yang sedang berjalan. Kebanyakan perpustakaan telah menerapkan sistem dengan baik. Untuk meningkatkan kinerja sistem, penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 dengan domain Delivery Support (DS) 11. DS-11 merupakan domain tentang pengelolaan data di dalam sistem. Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat membantu perbaikan sistem pada sistem perpustakaan sehingga karyawan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa. Hasil penelitian dengan metode kuesioner menghasilkan nilai 2,4748. Nilai akhir tersebut menunjukkan adanya kesadaran pengelolaan data yang efektif. Banyak data yang didokumentasikan dengan memberi keyword pada data tersebut demi keamanan data. Pihak-pihak TI melakukan beberapa kegiatan tinjauan pengelolaan data agar dapat dipertanggungjawabkan.


Full Text:

PDF

References


Anwar Shodiq, Arief & Ghozali, Khakim (2012). Evaluasi Kesesuaian Struktur Organisasi Pengelola Teknologi Informasi dengan Rencana Jangka Panjang Instansi (Studi Kasus pada Dinas XYZ). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Arisanti, D., 2011, Audit Sistem Informasi Ditinjau dari Perspektif Keuangan Menggunakan Standar COBIT 4.10 pada Direktorat Keuangan Pelabuhan Indonesia III, Tugas Akhir, Program Sarjana, Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya, Surabaya.

Budiono,Gatut(2010). Audit Kinerja Sistem Informasi Manajemen Pemeliharaan Unit Pembangkit Listrik Berbasis CobIT Domain. Jurnal EECCIS




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v2i1.1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats