Aplikasi Pembelajaran Biologi Berbasis Android Pada Siswa Kejar Paket C

Udik Pudjianto

Abstract


Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di pendidikan kesetaraan Paket C setara SMA. Pada pembelajaran IPA tidak hanya dituntut untuk menguasai pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi memahami suatu proses penemuan serta pencaian kompetensi yang diinginkan. Saat ini masih banyak siswa kejar Paket C yang kurang memahami materi klasifikasi makhluk hidup dan belum bisa menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan adanya bahan belajar yang dapat membantu siswa kejar Paket C dalam menguasai materi di pelajaran tersebut. Salah satu jenis media belajar yang akan dibuat adalah aplikasi pembelajaran berbasis Android. Penelitian yang mengembangkan aplikasi bahan belajar ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dan melakukan wawancara dengan salah satu pamong belajar BPPAUD dan DIKMAS Jawa Timur. Pada penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan aplikasi pembelajaran biologi bagi siswa kejar Paket C yang bertujuan memberikan informasi tentang mata pelajaran biologi dengan materi klasifikasi makhluk hidup beserta soal latihan agar siswa mengetahui kemampuannya dalam penguasaan materi.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Ivan. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Indonesia.

Booch. (1998). UML. England: Gramedia.

Booch, G. (1998). The Unified Modelling Language User Guide. Addison Wesley.

Erti Hamin, d. (2014). Pengembangan LKS Berorientasi Model 5e Berbahasa Inggris Pada Subpokok Bahasa Vertebrata. Pendidikan Biologi.

Nasional, D. P. (2007). Naskah Akademik. Kajian Kebijakan Kurikulum Kesetaraan Pendidikan Dasar.

Hasibuan, Zainal. (2015). Kisi-kisi Ujian Pendidikan Kesetaraan Pada Program Paket B/wustha Setara Jenjang SMP/MTs dan Program Paket C Setara Jenjang SMA/MA Tahun Pelajaran 2014/2015. Badan Standar Nasional Pendidikan, 25-26.

Safaat. (2012). Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC.

Warianto, C. (2011). Klasifikasi Mahluk Hidup. Klasifikasi Mahluk Hidup.

Widuri, E. (2007). Perbandingan Pengajaran Dengan Menggunakan KBK (Kurikulum BErbasis Kompetensi) dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). KTSP (Kurikulum Tingkat Pendidikan Kesatuan).




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v2i1.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Udik Pudjianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats