Pembelajaran Langsung Dengan Menggunakan Media Flash Untuk Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran langsung dengan menggunakan media Flash pada materi bangun ruang sisi datar dan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Al-Badri Arjasa Jember. Dari hasil analisis diperoleh perangkat pembelajaran yang berkualitas baik, yaitu perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan valid, karena nilai rata-ratanya adalah 3 dengan skala penilaian 1 - 4. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena kemampuan guru mengelola pembelajaran menunjukkan kategori baik dan sangat baik. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan Tes Hasil Belajar menunjukkan valid, reliabel, dan sensitif. Dari hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa perangkat pembelajaran langsung dengan menggunakan media flash efektif untuk mengajarkan materi bangun ruang sisi datar. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan ketuntasan secara klasikal tercapai yaitu 84,62% dari ketuntasan belajar siswa tercapai jika minimal 80% siswa tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal yaitu skor 75.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayatullah, Priyanto, dkk. 2011. Animasi Pendidikan menggunakan Flash. Bandung: Informatika Bandung.
Jihad Asep dan Haris Abdul, (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kardi Soeparman & Nur Mohamad. 2005. Pengajaran Langsung. Edisi 2. Surabaya: Unesa – University Press.
Luther, Arch (1994). Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Professional.
Munadi, Yudhi. (2008). Media pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Suprihatiningrum, Jamil (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Thiagarajan, S. Semmel, DS., dan Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. A Sourse Book. Blomingtn: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.
DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v2i1.1040
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ahmad Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.