Bilangan Dominasi Jarak Dua Pada Graf Hasil Operasi Amalgamasi

Ilham Saifudin

Abstract


Untuk setiap graf G = (V,E),S ⊆ V (G)  dapat dikatakan himpunan dominasi dari  jika setiap simpul  bertetangga dengan . Dengan demikian untuk setiap simpul , ada simpul  dimana jarak antara  dan  maksimal satu. Kardinalitas minimum pada himpunan dominasi di graf  disebut dengan bilangan dominasi. Pada paper ini akan ditentukan himpunan dominasi jarak dua pada graf  yang didefinisikan dengan , dimana untuk setiap simpul  ada simpul  dimana jarak antara  dan  maksimal dua. Kardinalitas minimum pada himpunan dominasi jarak dua di graf  disebut dengan bilangan dominasi jarak dua. Graf  yang dimaksud pada paper ini yaitu graf hasil operasi amalgamasi, diantaranya graf hasil operasi amalgamasi graf Helm, graf hasil operasi amalgamasi graf Bunga, graf hasil operasi amalgamasi graf Friendship.


Full Text:

PDF

References


Carlson, K. 2006. Generalized Books and Cm-Snakes are Prime Graphs. Ars Combinatoria.

Darmaji dan Umilasari, R. 2014. ”Dominating Set Berjarak Dua pada Graf Jahangir dan Prisma”. Tidak Diterbitkan. Paper. Surabaya: ITS.

Harary, F. dan Frucht, R. 1969. Graph Theory. Philippines: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.

Haynes, T. W., Hedetniemi, S. T., dan Slater, P. J. 1996. Fundamental of Dominations in Graphs. New York: Marcel Dekker, Inc.

Hedetniemi, S. T., Laskar, R., dan Pfaff, J. 1986. A Linear Algorithm for Finding a Minimum Dominating Set in Cactus. Discrete Applied Mathematics in North Holland. 13: 287-292.

Maryati, Salman, Baskoro, Ryan, dan Miller. 2010. On H-supermagic Labelings for Certain Shackles and Amalgamations of a Connected Graph. Utilitas Mathematica. 83: 333-342.

Munir, R. 2004. Algoritma Greedy. Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Sridharan, N., Subramanian, V. S. A dan Elias, M. D. 2002. Bounds on the

Distance Two-Domination Number of Graph. Graphs and Combinatorics. 18: 667-675.

Umilasari, R. 2015. ”Bilangan Dominasi Jarak Dua pada Graf-graf Hasil Operasi Korona dan Comb”. Tidak Diterbitkan. Tesis. Surabaya: ITS.

Vikade, W. D. 2016. ”Bilangan Dominasi Jarak Dua pada Graf Hasil Operasi”. Tidak Diterbitkan. Tesis. Jember: Universitas Jember




DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v2i1.1038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilham Saifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats