PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN GEOGEBRA CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang inovatif sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui apakah model Direct Instruction berbantuan GeoGebra Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tondano yang dibagi menjadi 9 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VIIIG Sebagai kelas eksperimen dan VIIIH sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Data yang diperoleh adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah = 81,1, sedangkan kontrol = 71,8, secara statistik data hasil tes berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis data yang menggunakan uji t, diperoleh nilai t_hitung = 1,945 > t_tabel = 1,679 pada taraf signifikan 5%, sehingga sesuai dengan rumusan hipotesis maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model direct instruction berbantuan GeoGebra Classroom terhadap hasil belajar siswa pada bangun ruang sisi datar.
Kata Kunci: Model Direct Instruction, GeoGebra Classroom, Hasil Belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
P. Mata and P. Matematika, “Siti Juwaeriah-Muhyani-Gunawan Ikhtiono Attadib Journal of Elementary Education, Vol. 1(2), Desember 2017,” vol. 1, no. 2, pp. 78–93, 2017.
I. L. Nur, E. Harahap, F. H. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra,” vol. 16, no. 2, pp. 1–6, 2017.
N. Purnamasari, Habibi, And S. Hidayat, “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction ) Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Keywords : Direct Varians Terbesar Varians Terkecil Keterangan,” J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 2, pp. 51–54, 2015.
J. P. Dasar, “1,2) 1) , 2),” vol. 6, no. 2, pp. 55–65, 2018.
T. Tayeb, “Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran,” J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 4, no. 02, pp. 48–55, 2017.
T. Nabillah and A. P. Abadi, “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa,” Pros. Sesiomadika, vol. 2, no. 1, pp. 659–663, 2020.
N. M. Sueni, “Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran,” Wacana Sar., vol. 19, no. 2, pp. 1–16, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/wacanasaraswati/article/view/35
Darmiyati and A. M. Jannah, “Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini Melalui Model Direct Instruction Kombinasi Model Make A Match dan Pemberian Tugas,” J. Paud, vol. 1, pp. 7–16, 2020, [Online]. Available: http://eprints.ulm.ac.id/3184/.
G. Amintoko, “Model Pembelajaran Direct Instruction Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Definisi Limit Bagi Mahasiswa,” SJME (Supremum J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 7–12, 2020, doi: 10.35706/sjme.v1i1.549.
L. A. Abdillah, Model Pembelajaran Era Society 5.0, no. Cii. 2019.
Z. Zetriuslita, N. Nofriyandi, and E. Istikomah, “the Effect of Geogebra-Assisted Direct Instruction on Students’ Self-Efficacy and Self-Regulation,” Infin. J., vol. 9, no. 1, p. 41, 2020, doi: 10.22460/infinity.v9i1.p41-48.
M. N. Isman, “Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Mat. Dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 10–19, 2016.
M. Astafieva, O. Hlushak, and O. Lytvyn, “GeoGebra Classroom as a Component for the ICT support of Inquiry-based Mathematics Education in Blended Learning,” CEUR Workshop Proc., vol. 3013, pp. 419–427, 2021.
N. A. Sutopo and N. Ratu, “Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 10–23, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v6i1.971.
N. Hamidah, I. N. Afidah, L. W. Setyowati, S. Sutini, and J. Junaedi, “Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” J. Educ. Learn. Math. Res., vol. 1, no. 1, pp. 15–24, 2020, doi: 10.37303/jelmar.v1i1.2.
G. Tambajong, V. R. Sulangi, and V. E. Regar, “Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Berbantuan Geogebra Via Aplikasi Zoom Berbasis Direct Instruction,” MARISEKOLA J. Mat. Ris. Edukasi dan Kolaborasi, vol. 2, no. 1, pp. 19–22, 2021, doi: 10.53682/marisekola.v2i1.1080.
DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8677
Refbacks
- There are currently no refbacks.