EFEKTIVITAS RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP DARUR RAHMAH

Abdul Muis, Dimas Anditha Cahyo Sujiwo, Trio Suwargono

Abstract


Strategi pembelajaran Reciprocal learning merupakan salah satu yang digunakan dalam merangsang siswa agar aktif belajar dengan cara terlibat pada aktivitas pembelajaran. Siswa sebaiknya dibiasakan mandiri agar percaya diri dan dapat mengembangkan kemampuannya. Pembelajaran Reciprocal learning dikatakan efektif terhadap pembelajaran matematika materi SPLDV di kelas VIII SMP Darur Rahmah apabila: 1) Hasil belajar siswa menunjukkan 80% siswa secara klasikal tuntas KKM, 2) Aktivitas siswa menunjukkan berada pada minimal kategori baik, 3) respon siswa positif dengan minimal kategori baik. Pengumpulan data berupa pengamatan, angket dan tes tulis. Pengamatan sebagai mengamati aktivitas belajar siswa saat kegiatan pembejaran dengan treatment reciprocal learning. Angket digunakan mengetahui efektivitas pembelajaran reciprocal learning. Tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa selama dua pertemuan dengan penerapan reciprocal learning berada pada kategori baik sekali yaitu  83,75%. Persentase seluruh rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran reciprocal learning sebesar 85,98%. Selanjutnya Melalui penerapan Reciprocal learning hasil belajar siswa meningkat, yaitu terdapat 90,90% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ini reciprocal learning efektif dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Darur Rahmah.

Kata Kunci: Efektivitas, Reciprocal learning, Matematika.


References


Ariaten, K. R., Feladi, V., Dedy, R., & Budiman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1).

Januardi, J., & Gustiana, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Saleh. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2 (1).

Munandar, N. (2019). the Effect of Cooperative Learning Models on Increasing Learning Results and Student Activities in Mathematic Lessons. Journal of Mathematics Education, 4(1), 21–26.

Nuryasintia, I., & Wibowo, L. A. (2019). Learning Activeness through Learning Media and Class Management. 65(Icebef 2018), 145–148.

Pratiwi, N. H., Rahmad, M., Fakhruddin, Z., & Lona, K. (2019). The Implementation Of Reciprocal Teaching Learning Model To Improve The Understanding Of Physic Concepts For Optical Material In Class X SMK. Jurnal Geliga Sains (JGS): Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2).

Sandopa, A., Doyan, A., & Ardhuha, J. (2022). The effect of reciprocal teaching-learning model on the mastery of physics concepts and creativity of senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 2165(1).

Sari, N. K. (2017). Menggunakan Penajaman Ciri Questioning & Clarifying Untuk Membelajarkan Fungsi Polinomial. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 27.

Tristiyanti, T., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Dan Reciprocal Learning (Studi Penelitian di MTs. Mathlaul Ulum Garut). Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 4–14.

Yulianti. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Peluang Berbasis Reciprocal Teaching Untuk Melatih Kemampuan BerfikirnKritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4 No. 2: 97-114.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo