STRATEGI PENGUATAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Feriyanto, Feriyanto

Abstract


Berdasarkan hasil PISA 2018, kemampuan siswa Indonesia memperoleh skor di bawah rata-rata skor rata-rata OECD dalam membaca, matematika dan sains. Bisa disimpulkan kemampuan membaca dan matematika siswa di Indonesia masih rendah. Sehingga diperlukan strategi penguatan literasi dan numerasi. Kebijakan Merdeka Belajar merupakan tindakan nyata dalam menguatkan literasi dan numerasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pentingnya strategi penguatan literasi dan numerasi bagi peserta didik pada kurikulum merdeka belajar yang melibatkan pihak-pihak yang berperan dan terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) Pengkajian sumber-sumber pustaka untuk memperoleh data penelitian yaitu arikel penelitian dan buku-buku yang relevan dengan tujuan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisi isi (content analys). Hasil penelitian ini adalah strategi peningkatan literasi dan numerasi melalui kerjasama antara pemerintah, sekolah, guru, kepala sekolah, siswa dan orangtua. Pemerintah melalui program-program yang berkualitas seperti gerakan literasi numerasi sekolah, asesmen kompetensi minimum, dan lain sebagainya. Sekolah melalui program yang komprehensif, dan menyediakan sarana prasarana yang mendukung pengembangan ketrampilan literasi numerasi matematis, kerjasama dengan guru terkait implementasi pembelajaran yang menekankan peningkatan literasi dan numerasi. Sedangkan orangtua dapat mendampingi dan memfasilitasi guru dan peserta didik serta melakukan pengawasan dan pengarahan dalam penggunaan media yang digunakan oleh siswa.

Kata Kunci: Literasi, numerasi, merdeka, belajar


References


OECD, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. 2019.

A. Winata, I. S. R. Widiyanti, and S. Cacik, “Analisis Kemampuan Numerasi dan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas XI MA Islamiyah Senori Tuban,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masayarakat, vol. 6, no. 1, pp. 659–666, 2021.

A. Nurjanah and Wahyudi, “IMPLEMENTASI PEMANFAATAN OUTDOOR STUDY UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 02 SENDANG” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), 2022.

N. K. K. Widiantari, I. N. Suparta, and S. Sariyasa, “Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19,” JIPM (Jurnal Ilm. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, p. 331, 2022, doi: 10.25273/jipm.v10i2.10218.

A. Abidah, H. N. Hidaayatullaah, R. M. Simamora, D. Fehabutar, and L. Mutakinati, “The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of ‘Merdeka Belajar,’” Stud. Philos. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 38–49, 2020, doi: 10.46627/sipose.v1i1.9.

S. Dewayani et al., Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.

A. T. Daga, “Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar,” J. Educ., vol. 7, no. 3, pp. 1075–1090, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i3.1279.

A. Soleh, Pramono, and Suratno, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Keals 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-Komponennya,” Ptm, vol. 9, no. 2, pp. 58–64, 2009.

Mestika Zeid, Metode Penelitian Kepustakaan, 3rd ed. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2004.

J. Ahmad, “Desain Penelitian Analisis Isi ( Content Analysis ),” Res. Gate, vol. 5, no. 9, pp. 1–20, 2018, doi: 10.13140/RG.2.2.12201.08804.

E. Maryanti, “Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

OECD, PISA 2015. PISA Results in Focus. Paris: OECD Publishing, 2018.

S. Hartatik and N. Nafiah, “Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” Educ. Hum. Dev. J., vol. 5, no. 1, pp. 32–42, 2020, doi: 10.33086/ehdj.v5i1.1456.

N. Dantes and N. N. L. Handayani, “Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja,” WIDYALAYA J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 269–283, 2021.

W. Han et al., Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2017.

M. R. Mahmud et al., “Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur,” KALAMATIKA J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 69–88, 2019, doi: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88.

S. L. Fauziah, “Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2606–2615, 2022.

N. Felicia and C. C. A. Putri, “Menumbuhkan Literasi dan Numerasi Bermakna di Kota Batu Nisa,” Kilas Pendidik., vol. 18, no. 11, pp. 1–11, 2019.

Darwanto, M. Khasanah, and A. M. Putri, “PENGUATAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi),” J. Eksponen, vol. 11, no. 2, pp. 25–35, 2021, doi: 10.47637/eksponen.v11i2.381.

M. Zahrudin, S. Ismai, and Q. Y. Zakiah, “Policy Analysis of Implementation of Minimum Competency Assessment As an Effort To Improve Reading,” Paedagoria, vol. 12, no. 1, pp. 83–91, 2021.

M. Martiyono, R. Sulastini, and S. Handajani, “Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dalam Mewujudkan Sekolah Efektif di SMP Negeri 1 Kebumen Kabupaten Kebumen Perspektif Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian,” Cakrawala J. Manaj. Pendidik. Islam dan Stud. Sos., vol. 5, no. 2, pp. 92–110, 2021, doi: 10.33507/cakrawala.v5i2.397.

K. P. Direktorat, “Pendidikan, Kementerian Teknologi, D A N Dasar, Direktorat Sekolah Pengantar, Kata,” Modul Literasi Numer. Di Sekol. Dasar, vol. 1, p. 22, 2021.

I. Tabroni, D. Aswita, A. Hardiansyah, and N. Normanita, “Peranan Model Pembelajaran Vygotski Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3, p. 486, 2022, doi: 10.35931/am.v6i3.1013.

E. Musyrifah, G. Dwirahayu, and S. Gusni, “Pengembangan bahan ajar matematika bagi guru mi dalam upaya mendukung keterampilan mengajar serta peningkatan literasi numerasi,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 8, no. 1, pp. 61–72, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.61-72.

F. T. P. Pangesti, “Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots,” Indones. Digit. J. Math. Educ., vol. 5, no. 9, pp. 566–575, 2018.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo