PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM BERORIENTASI LITERASI NUMERASI

Ervi Nurazizah, Padrul Jana

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis open ended problem berorientasi pada literasi numerasi siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analysis (Menganalisis), Design (Rancangan Produk), Development (Mengembangkan Produk), Implementation (Mengujicobakan) dan Evaluation (Mengevaluasi). Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VII G SMP N 3 Jetis. Teknik mengumpulkan data dan informasi melalui angket validitas LKPD, angket respon peserta didik, angket respon guru dan tes open ended problem berorientasi pada literasi numerasi. LKPD yang dikembangkan menunjukkan bahwa: (1) Validitas LKPD  sebesar 4,24167 dengan kriteria sangat valid. (2) Praktikalitas LKPD sebesar 4,50556 dengan kriteria sangat praktis. (3) Efektivitas LKPD sebesar 73,33333% dengan kriteria efektif. LKPD matematika berbasis open ended problem berorientasi literasi numerasi pada materi aritmatika sosial untuk kelas VII yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

References


Anwar, N., Johar, R., & Juandi, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 52–63.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523

Kementerian pendidikan, & Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345

Mahardika, A. I., Arifuddin, M., & Juhroh, S. (2022). The Development of Impulse and Momentum E-Module with Authentic Learning Content in Cooperative Learning Model

Sinaga, R. M., & Sudarmansyah, D. (2019). Jurnal Pendidikan Progresif Development o f Learning Media Based o n Mobile Learning Applications. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), 50–58. https://doi.org/10.23960/jpp.v9.i1.201907

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://core.ac.uk/download/pdf/267822059.pdf

Yulius, B., Irwan, & Yerizon. (2017). P Engembangan P Erangkat P Embelajaran M Atematika B Erbasis M Odel P Embelajaran P Enemuan Dengan M Asalah O Pen E Nded Untuk P Eserta D Idik Sma K Elas X S Emester 2. Mosharafa, 6, 279–286.

Rizky, V. N., & Faizah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MA Darul Ulum Waru. Buana Matematika, 10(2), 147–156.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Jurianto. (2017). Model Pengembangan Desain Instruksional Dalam Penyusunan Modul Pendidikan Pemustaka. 24(3), 36–43. Syntax. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 174–183. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i1.

Denia, A., Mandailina, V., & Syaharuddin. (2018). Pengembangan lks matematika menggunakan pendekatan problem solving pada materi aritmatika. 1(1), 214–219.

Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo