PENGEMBANGAN LEKER GABEL DENGAN HOT POTATOS UNTUK MENINGKATKAT HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM JEMBER

Fury Styo Siskawati, Fitriana Eka Chandra

Abstract


Struktur aljabar merupakan salah satu mata kuliah wajib di prodi pendidikan matematika Universitas Islam Jember. Ketika mempelajari struktur aljabar terdapat beberapa masalah yang dialami mahasiswa, adapun masalah tersebut diantaranya: rendahnya hasil belajar, dengan patokan KKM 75 dan ketuntasan klasikal yang dapat dicapai hanya 25 %. Menyikapi permasalah tersebut, perlu mempertimbangkan karakteristik dalam proses pembelajaran, yaitu modalitas belajar khususnya gaya belajar. Selain mempertimbangkan aspek gaya belajar juga perlu dipertimbangkan penggunaan komputer karena komputer memiliki keistimewaan yang dapat untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran.

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan lembar kerja mahasiswa “LEKER GABEL” dengan Hot Potatos yang baik pada mata kuliah struktur aljabar, kemudian mengetahui keefektifan dan perbandingan hasil belajar menggunakan lembar kerja yang dikembangkan dan tidak di Universitas Islam Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu perpaduan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan menggunakan model Thiagarajan yang dikenal dengan model 4D. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, kuesioner, tes dan dokumentasi.

Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu dihasilkan lembar kerja mahasiswa “LEKER GABEL” dengan Hot Potatos yang baik dan layak digunakan serta efektif diterapkan pada mata kuliah struktur aljabar dengan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan lembar kerja yang dikembangkan lebih baik daripada yang tidak di Universitas Islam Jember.

Kata kunci: LEKER GABEL, Hot Potatos, dan Hasil Belajar  


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Terindex :