ANALISIS PRINSIP BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII-D SMPN 2 GUDO

Karolina Citra Dewi, Citra Ayu Nur Aini, Muhammad Rizki, Jauhara Dian Nur Iffah

Abstract


Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan strategi yang tepat sehingga mampu menarik perhatian siswa. Maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis cara guru memunculkan prinsip belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah seorang guru matematika dan 16 siswa kelas VII-D SMPN 2 Gudo. Hasil penelitian menunjukkan prinsip belajar yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat membantu guru untuk mengkondisikan siswa untuk belajar dengan hasil maksimum. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa guru berhasil memunculkan prinsip-prinsip belajar yaitu perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung, pengulangan, tantangan, balikan dan penguatan, dan perbedaan individual. Untuk menciptakan dan menghasilkan kegiatan belajar dan pembelajaran yang berprestatif dan menyenangkan perlu diketahui berbagai landasan tentang prinsip-prinsip belajar karena prinsip belajar ini adalah dasar dalam upaya pembelajaran

Kata Kunci: Prinsip belajar, Pembelajaran Matematika, Bentuk Aljabar


References


Gani Ali, St. Hasniyati. "Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya terhadap Pendidik dan Peserta Didik." Al-Ta'dib, vol. 6, no. 1, Jul. 2013, pp. 31-42.

Munirah. “PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (Perhatian dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, Pengulangan, Tantangan dan Perbedaan Individu).” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 1, Juni 2018, pp. 116-125.

Christine, M. J. Z. A. R. (2016). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MAN 2 JEMBER YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 1(2).

Muis, A. A. (2013). Prinsip-prinsip Belajar Dan Pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1).

Suherman, E. (2008). Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Educare.

HUMANSITIK, B. (2002). A. Belajar dan Pembelajaran.

Iffah, J. D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah.

Iffah, J. D. N. (2018). PROFIL METAKOGNISI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN OPEN-ENDED PROBLEM PICTURES DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika, 2(1).

Husamah dkk (2016). Belajar dan Pembelajaran. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang. Academia Edu.

Hasanah, Qismila Uswatun (2021). Ebook Belajar dan Pembelajaran Kumpulan Makalah. Universitas Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i1.7642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo