PENGGUNAAN MEDIA COLOR COMBINATION SQUARE PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN

Helni Indrayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII setelah diterapkannya metode pembelajaran GASING menggunakan media Color Combination Square. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu kategori desain one shoot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Xaverius Tanjung Sakti yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dari hasil penelitian menggunakan media Color Combination Square pada materi perkalian dan pembagian pecahan terlihat dari rata-rata indikator dengan masing-masing aktivitas yang paling banyak dilakukan siswa yaitu: aktivitas visual memiliki persentase rata-rata sebesar 91,02%. Aktivitas lisan memiliki persentase rata-rata sebesar 87,8% dan aktivitas menulis memiliki persentase rata-rata sebesar 83,3%. Dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran matematika GASING menngunakan media color combination square pada materi perkalian dan pembagian pecahan memiliki nilai rata-rata pada tes akhir siswa sebesar 81,23 dan dikategorikan baik.

References


Kania, Nia (2018). Alat Peraga Untuk Memahami Konsep Pecahan.Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics) Vol. 2 No.2, 3

Tanjung, Hendra Saputra dan Nababan, Siti Aminah. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pokok Pecahan di Kelas III SD Negeri 200407 Huta Padang. Jurnal Bina Gogik, 37

Hamdayama, J. (2016) Metodologi Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Dian Septa Novari, I. W. (2019). Penerapan PBL Melalui Pembuatan Taman Rumput Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII . Journal Of Mathematics Science And Education Vol.2 No. 1 , 1-2.

Adawiyah, F. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pecahan Kelas IV SD. UPI Repository , 3-4.

Utomo, D. P. (2012). Pembelajaran Lingkaran Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Versi Polya Pada Kelas VIII Di SMP PGRI 1 Dau. Widya Warta No. 1 tahun XXXVI , 146-147.

Sulistiawati (2019). Pembelajaran Matematika GASING di tinjau dari berbagai Perpektif Teori Belajar. Jurnal Teorema : Teori dan Riset Matematika. Vol. 4 No.1 Hal. 41-54.

Rully Charitas Indra Prahmana, P. S. (2014). Local Instruction Theory On Division In Mathematics GASING: The Case Of Rural Area's Student In Indonesia. Journal On Mathematics Education Volume 5 Nomor 1 , 17-26.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iin isnaini, K.Margiati, Gusti Bujang A. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume 2 Nomor 3




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v7i1.7275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo