PENGGUNAAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DARI ALAM SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemaparan penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar pada guru mata pelajaran matematika;(2)Pemaparan kelebihan dan kekurangan penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar pada guru mata pelajaran matematika. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif meliputi alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan dan terus menerus selama proses dan setelah pengumpulan data. Pembelajaran dengan menggunakan media dan sumber belajar dari alam sekitar untuk menghitung volume bangun ruang yang ada di sekitar lingkungan sekolah dapat meningkatkan kegemaran, antusias dan semangat siswa terhadap pembelajaran matematika, selain itu siswa dengan mudah memahami isi materi karena siswa langsung melakukan pembelajaran praktek atau konstektual.
Kata Kunci: Media, sumber belajar, alam, matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v2i2.693
Refbacks
- There are currently no refbacks.