PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN: MACROMEDIA FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEAMATIKA SISWA
Abstract
Media adalah indera atau alat untuk memberikan materi pelajaran dari pemberi
informasi terhadap penerima informasi. Media merupakan perantara yang dapat digunakan
untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Media Macromedia flash merupakan salah satu
media yang baik digunakan dalam aktivitas pemeelajaran. Hal ini dikarenakan Macromedia
Flash merupakan software yang memiliki fitur-fitur untuk pembuatan media pembelajaran
menarik. Dalam penelitian ini macromedia flash memiliki pengaruh yang baik dalam
kegiatan pembelajaran, diantaranya: (1) Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan
menarik. (2) Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. (3) waktu yang dihabiskan
dalam belajar menjadi efisien. (4) kualitas hasil belajar siswa meningkat. (5) aktivitas
belajar siswa meningkat.
Kata Kunci : Pengaruh Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Aktivitas Belajar
Matematika Siswa, Hasil Belajar Matematika Siswa
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardinsyah, N. 2013. Macromedia Flash Professional Tutorial 8 For Beginners.
Electronic Books.
Aristo, R. 2003. Learning Media. Jakarta : Department of National Education.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005
Darmawan, D.2013. Learning technologies. Bandung: Remaja Rosdakarya
Offset.
Mudlofir, A & Rusydiyah, A F. 2016. Innovative Learning Design. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Rohman, M & Amri, S. 2013. Learning System Development Strategy and
Design. Pustaka raya's achievements. Jakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.CV
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya
Trindade, J. F. e. (2005). Improving Physics learning with virtual environments:
an example on the phases of water. Interactive Educational Multimedia, 11(11),
–226.
DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v6i2.6721
Refbacks
- There are currently no refbacks.