PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMUSATAN DATA KELOMPOK STATISTIK

Anadia Muli Mareiela, Febriandini Muhtasya, Jesika Dwi Putriani, Salsabiil Rihhadatul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta
didik kelas XII menggunakan LKPD pada materi pokok pemusatan data statistika. Latar belakang
dilakukannya penelitian ini untuk melihat apakah peserta didik dapat memahami dan memecahkan
permasalahan matematika tanpa mengalami kesulitan melalui LKPD yang diberikan. Penelitian ini
akan di lakukan kepada siswa SMA yang belum mempelajari materi statistika. dimana pada saat
pembelajaran pendidik hanya memberikan pengantar materi secara singkat sebelum siswa
mengerjakan LKPD yang telah di sediakan. Oleh sebab itu peserta didik diberikan permasalahan
matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari untuk mempermudah peserta didik
dalam memahami dan memecahkan permasalahan tersebut. Pertama-tama penelitian ini akan
dilakukan secara one-to-one, kemudian setelahnya dilakukan secara small grup untuk melihat
pemahaman peserta didik terhadap materi pemusatan data kelompok melalui LKPD. Penelitian ini
menggunakan metode development research yang tahapannya menggunakan formative evaluation
meliputi self evaluation dan prototyping (expert review, one-to-one dan small group). Pada
penelitian ini telah dilakukan validasi oleh beberapa teman sejawat dan beberapa dosen pengampu
mata kuliah statistika. Sehingga LKPD ini dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam
penelitian ini.
Kata kunci: Statistika, LKPD, memahami, mengalami kesulitan.


References


T. Novita Irawati, “Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Dalam

Membuat Soal Penalaran Proporsional Siswa SMP,” Semin. Nas. Mat. dan

Pendidik. Mat., no. 2008, 2015.

N. U. Krismawati, W. Warto, and N. Suryani, “Analisis Kebutuhan pada Bahan

Ajar Penelitian dan Penulisan Sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA),”

Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 3, no. 3, 2018, doi:

28926/briliant.v3i3.202.

Z. Zulfah, “Analisis Kemampuan Peserta Didik Smp di Bangkinang Melalui

Penyelesaian Soal Pisa 2015,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, 2019,

doi: 10.31004/cendekia.v3i2.126.

A. Silalahi, “Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research &

Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang

Pendidikan/Pembelajaran,” Res. Gate, no. July, 2018, doi:

13140/RG.2.2.13429.88803/1.

N. W. Saputri and Z. Zulkardi, “PENGEMBANGAN LKPD PEMODELAN

MATEMATIKA SISWA SMP MENGGUNAKAN KONTEKS OJEK

ONLINE,” J. Pendidik. Mat., vol. 14, no. 1, 2019, doi:

22342/jpm.14.1.6825.1-14.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v6i2.6683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo