ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DITINJAU DARI SEGI GENDER

Erlin Nugraini, Chusnul Khotimah Galatea, Hana Puspita Eka Firdaus

Abstract


Kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika
memiliki kecenderungan yang berbeda antara siswa laki-laki dan perempuan. Oleh karena
itu, perlu dilakukan analisis untuk mendeskripsikan litera si matematis siswa dalam
menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari segi gender..
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Peneltian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu soal tes literasi matematis,
wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Sumberpinang 01. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa laki-laki dan perempuan
kriteria tinggi memenuhi 3 komponen literasi matematis. Selanjutnya untuk siswa laki-laki
dan perempuan kriteria sedang memenuhi 2 komponen literasi matematis. dan untuk siswa
laki-laki dan perempuan kriteria rendah memenuhi 1 komponen literasi matematis.
Kata Kunci: Literasi Matematis, Masalah Matematika, Gender


References


OECD. (2018). PISA 2021 MATHEMATICS FRAMEWORK (SECOND

DRAFT). Paris: OECD.

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional

Pendidikan Dasar, 546-551.

Moh, N., & Sikmumbang, R. (2009). Metode Penelitian . Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryaprani, S. d. (2016). DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP PRETASI

BELAJAR. 39-46.

Sari, D. U., Adam, P., Kodirun, & Busnawir. (2019). Analisis Kemampuan

Literasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan

Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 23 -34.

Sutami, Sofia, & Novitasari, d. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal

Matematika BErorientasi PISA dalam Konten Perubahan dan Hubungan Pada

Siswa SMP. Varia Pendidikan, vol. 31, No. 01, 1-7




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v6i2.6668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor