PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATA KULIAH METODE STATISTIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses perancangan dan pengembangan bahan ajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education pada matakuliah Metode Statistika, dan (2) menghasilkan bahan ajar metode Statistika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengimplementasikan tahapan model pengembangan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Subyek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan penilaian para validator terhadap aspek format , bahasa, dan isi RPS yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan nilai 4,3 dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sedangkan hasil analisis respons mahasiswa menunjukkan sebagian besar mahasiswa memberikan respons positif terhadap setiap aspek yang direspons dan rata-rata persentase mahasiswa yang memberikan respons positif adalah 79,54%. Hal ini mengidentifikasikan bahwa respons mahasiswa tehadap perangkat dan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan RME termasuk positif.
Kata Kunci: produk valid, produk praktis, ADDIE
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v2i2.551
Refbacks
- There are currently no refbacks.