PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Asri Partika Dewi, Mardiah Syofiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal penalaran matematis siswa yang valid dan praktis. Subjek dari peneilitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 57 Bengkulu Utara yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan model Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, self evaluation, Expert review dan one-to-one, small group, dan field test. Pada penelitian pengembangan ini, hanya dibatasi pada tahap small group. Pada tahap preliminary dilakukan persiapan dan pendesainan soal. Tahap pengembangan terdiri dari self evaluation, Expert review dan one-to-one, small group. Soal yang telah didesain dan divalidasi secara valid, diuji cobakan kepada 15 orang siswa SMP Negeri 57 Bengkulu Utara dengan kemampuan heterogen. Data dikumpulkan melalui kartu validasi, wawancara, dan hasil mengerjakan soal pada tahap small group. Penelitian ini menghasilkan soal penalaran matematis siswa yang valid dan praktis.

 

Kata Kunci: Pengembangan soal, Kemampuan Penalaran Matematis




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i2.5359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo