KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MAN 2 JEMBER YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL

Mohammad Jupri Zulfa Anggraini R Christine W

Abstract


Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Komunikasi tentunya berperan pula dalam pendidikan matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu proses penting dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran, setiap siswa memiliki gaya belajar masing-masing. Kecenderungan gaya belajar berbeda berarti cara menyerap informasi juga berbeda. Mengingat pentingnya komunikasi dalam belajar matematika, maka kemampuan komunikasi matematika siswa yang memiliki gaya belajar berbeda-beda harus dipahami oleh guru.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan komunikasi matematika siswa MAN 2 Jember yang memiliki gaya belajar visual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa MAN 2 Jember yang memiliki gaya belajar visual.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus analisis situasi. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 16 Maret 2015 sampai tanggal 13 Mei 2015 di MAN 2 Jember yang beralamat di Jalan Manggar No. 72 Jember. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data diantaranya yaitu pemberian tugas pemecahan masalah (TPM), wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti, instrumen pendukung I (Tes VAK dan Rubrik VAK), instrumen pendukung II (TPM dan  Kunci Jawaban TPM), instrumen pendukung III (Pedoman Wawancara). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, dan pemeriksaan teman sejawat.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil triangulasi,  menunjukkan bahwa komunikasi matematika subjek penelitian yang memiliki gaya belajar visual, konsisten pada TPM tipe 3 dan TPM tipe 4.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa yang memiliki gaya belajar visual jika diberikan TPM tipe 3 bahkan sampai TPM tipe berapapun, cara ia mengomunikasikan TPM tersebut akan selalu sama dan konsisten.

Kata Kunci: kemampuan, komunikasi matematika, gaya belajar visual.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v1i2.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo