PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT & STAD DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar matematika karena guru sangat dominan dalam pembelajaran, metode pengajaran yang diberikan pada siswa cenderung mekanistik dan individual, sehingga kerjasama antara guru dan siswa tidak tercipta, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa mata pelajaran matematika, antara siswa yang belajar dengan menggunakan tipe pembelajaran tipe NHT, dengan siswa yang menggunakan tipe STAD, 2) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa mata pelajaran matematika, antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah, 3) mengetahui adanya interaksi yang signifikan antara penggunaan tipe NHT dan STAD dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika
Hasil penelitian disimpulkan bahwa a) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika, antara siswa yang belajar dengan menggunakan tipe pembelajaran NHT dan siswa yang belajar dengan menggunakan tipe pembelajaran STAD pada siswa, b) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika, antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada siswa, c) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan tipe pembelajaran NHT dan STAD dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, NHT, STAD, motivasi belajar, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v1i2.459
Refbacks
- There are currently no refbacks.