PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 4 JEMBER

Hairul Umam, Rohmad Wahid Rhomdani

Abstract


Latar Belakang saat ini belajar kurang memerhatiakan peran dan pengaruh emosi pada proses dan hasil belajar yang di capai seseorang, Tetapi sejak orang mulai memerhatikan peran otak dalam segala bentuk perilaku manusia, maka emosi mulai jadi perhatian, termasuk peranannya dalam meningkatkan hasil belajar. Emosi tidak lagi dipandang konvensional, melainkan sebagai sumber kecerdasan, kepekaan, berperan menghidupkan perkembangan dan penalaran yang baik. Bahkan saat ini di sadari bahwa untuk mencapai keberhasilan belajar, maka proses belajar yang terjadi seharusnya menyenangkan.

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa? (2)  Bagaimana pengaruh emosi positif terhadap hasil belajar siswa?(3) Bagaimana pengaruh emosi negatif  terhadap hasil belajar siswa?(4) Bagaimana pengaruh antara emosi positif  dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa ? Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 1 minggu terhitung mulai tanggal 27 April 2016 sampai dengan 3 Mei 2016. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (Queetionnaire) dan kamera.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1)  Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa.(2)Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi positif terhadap hasil belajar siswa.(3) Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi negatif terhadap hasil belajar siswa.(4)  Sehingga Ho diterima yang menyatakan ada pengaruh yang  signifikan antara emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa. (1) Kesimpulan penelitian ini adalah Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa (2) Ada pengaruh emosi positif terhadap hasil belajar siswa. (3) Ada pengaruh emosi negatif terhadap hasil belajar siswa. (4) Ada pengaruh emosi positif dan emosi negatif terhadap hasil belajar siswa

Kata Kunci: Kecerdasan Emosinal, Hasil Belajar




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v1i1.422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo