PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA

Ita Mafruchah, Mustaji, Suryaman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan media video dengan media gambar, (2)mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah dan tinggi, dan (3) mengetahui interaksi antara pembelajaran menggunakan media video dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 dan MTs Negeri 4 Kota Surabaya.sampelnya berjumlah 146 siswa berasal dari dua sekolah. Data diperoleh dengan cara pretest  dan postest diolah dengan menggunakan teknik analisis varian 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi media sebesar 0.002 < 0.05 dengan Fhitung=10.422, pengetahuan awal sebesar 0.000 < 0.05 dengan Fhitung 42.139, sedangkan nilai signifikansi media dan pengetahuan awal diperoleh 0.009 < 0.05 dengan Fhitung =7.099. Sehingga disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan media video dengan media gambar, (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah dan pengetahuan tinggi, dan (3) terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan media video dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep.

Kata Kunci: Media video, pengetahuan awal, pemahaman konsep.


References


Woolfitt, Z. (2015) The Effective Use of Video in Higher Education. Lectoraat Teaching, Learning and Technology Inholland University of Applied Sciences.

Cruse, E. (2007). Using Educational Video in the Classroom: Theory, Research and Practice.Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/Using-Educational-Video-in-the-Classroom%3A-Theory%2C-Cruse/0655b4a1a63b15d2d457f103aa5745fa7847f211.

Irawati, T.N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Gammath,3 (2), 1-7.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Divisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (20 ed.). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S.(1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Myllykoski, T. (2016). Educational Videos and the Use of Tools in Mathematics Remedial Instruction. Unpublished Master of Science Thesis, Tampere University of Technology.

Widodo, H. P. (2009). Key Issues in Teaching EFL/ESL Intensive Reading: A Videotaped Self-Observation Report. The Journal of Effective Teaching, 9 (3), 38-58.

Eyyam, R. and Yaratan, H. S. (2014). Impact of Use of Technology in Mathematics Lessons on Student Achievement and Attitudes.SOCIAL BEHAVIOR AND PERSONALITY, 42(Suppl.), S31-S42.

Brynjolfsson, E. and Mcafee, A. (2014) The Second Machine Age (1st ed.). New York: W.W. Norton & Company.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i2.3759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo