PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA KELAS VI SEMESTER I UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Anita Hidayati, Rufii, Yoso Wiyarno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku teks yang dapat
digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran IPA Kelas 6 di SDN
Sambungrejo Sukodono. Penelitian & Pengembangan ini dimaksudkan untuk sumber
belajar untuk mata pelajaran tertentu, yaitu IPA di Kelas 6 IPA SDN
SambungrejoSukodono. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick dan
Carey. Subjek uji coba penelitian adalah 50 siswa dan seorang guru di sekolah.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar
validasi ahli untuk dosen dan praktisi pendidikan Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa tingkat kelayakan buku teks sains untuk semester pertama dilihat dari penilaian
dosen ahli, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru kelas dan penilaian siswa
berdasarkan pada setiap aspek penilaian termasuk aspek kelayakan isi konten yang
diperoleh rata-rata skor 4,086 sebagai kategori "baik" dengan tingkat kesesuaian
81,7%; aspek kelayakan presentasi mendapat skor rata-rata 4,307 sebagai kategori
"sangat baik" dengan tingkat kelayakan 86,1%; pada kelayakan bahasa, mendapatkan
skor rata-rata 4,388 kategori "sangat baik" dengan tingkat kesesuaian 87,75%;
Sedangkan pada aspek grafis diperoleh skor rata-rata 4,302 sebagai kategori "sangat
baik" dengan tingkat kesesuaian 86%. Jadi dapat disimpulkan buku teks sains secara
keseluruhan memperoleh skor rata-rata 4,271 dengan kategori "baik" dan tingkat
kelayakan 85,54%. Dengan demikian, buku ini dinyatakan layak.
Kata Kunci: pengembangan buku ajar, pembelajaran IPA; tingkat sekolah dasar.




DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google logo google logo google logo google logo